BERKAS DUPAK NAIK PANGKAT KE IV/d

 

BINCANG MALAM BERSAMA PENGGIAT LITERASI KBMN ANGKATAN 28

Foto berkas bahan DUPAK IV/d milik saya

Berisi Surat Undangan Peserta Diklat Menulis KBMN Angkatan 28

            Malam ini kami tak ada kegiatan belajar dalam KBMN (Kegiatan Belajar Menulis Nusantara) angkatan 28. Kami ngobrol santai saja, saya di rumah merapikan tulisan bakal buku yang akan dicetak sebagai bukti saya ikut kegiatan ini. Agar saya bisa lulus dan mendapatkan sertifikat peserta. Hari ini saya melakukan komunikasi tulisan saya dengan berbagai sumber, dan banyak kritik masuk terhadap tulisan saya yang telah saya muat dalam blog dengan alamat: http://www.guruinspirasintt.com/2023/01/open-ceremony-kbmn-gelombang-28-pgri.html

            Salah satu kritik tajam dari founder KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) yang biasa kita sapa Om Jay adalah “PGRI pusat itu tidak ada, yang ada Pengurus Besar PGRI”, Kata beliau memberikan komentar pribadi terkait tulisan saya di blog hari ini melalui WhatsApp pribadi. Inilah salah satu kelembutan hati Om Jay dalam menegur kesalahan seseorang dalam hal apapun juga. Beliau sangat mengahargai privasi orang.

Alhamdulillah... saya bersyukur kepada Allah memiliki guru yang hebat seperti beliau. Hari ini tugas saya sebagai peserta diklat semua berjalan dengan  baik, saya benar-benar mempersiapkan diri untuk lulus dalam Diklat ini!.

Selain merapikan tulisan saya pertama dalam buku yang akan saya cetak nanti, saya juga menyiapkan bahan DUPAK naik pangkat ke IV/d. Keren yaa?.... Saya copi warna semua undangan dari KBMN angkatan 28, sebanyak 4 rangkap. Lalu saya masukkan map dan tulis halaman depannya dengan tulis time new roman ukuran 72 dengan ditebalkan. Saya menikmati semua pekerjaan ini dengan suka cita dan saya bagikan di group.

            Saya ingin memberikan ilmu sukses naik pangkat tanpa ribet. Hal inilah yang saya lakukan bertahun-tahun agar ketika berkas naik pangkat harus dikumpulkan semua sudah siap. Banyak guru tidak menyiapkan hal ini sejak awal, sehingga terasa sulit mau naik pangkat. Saya yang biasa menyiapkan berkas DUPAK (Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit) Guru, sejak dini saja, ketika harus pemberkasan DUPAK masih banyak yang tercecer dan mencari lagi.

            Malam ini, setelah saya bagikan hasil kerja berkas DUPAK naik pangkat ke IV/e. Banyak reaksi dari group. Kata Om Jay (Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd) menyapa kami semua dengan kalimat, “Kalau kita ingin fokus dan lulus di gelombang 28, maka mulailah fokus dengan materi yang diberikan oleh narasumber KBMN gelombang 28”. Kalimat ini merupakan tamparan keras bagi saya untuk saya tak boleh main-main jika mau lulus!.

            Selanjutnya Om Jay sebagai founder KBMN Pengurus Besar PGRI mengirimkan nasehatnya untuk kita semua, “Insya Allah lulusan KBMN PGRI akan pensiun di golonga IV/e bagi PNS”. Duh rasanya adem hati saya, dikirim doa dari beliau yang tulus menolong, sabar, dan super hebat. Om Jay terus memberikan nasehatnya melalui WhatsApp group KBMN Angkatan 28. Kali ini nasehat beliau super panjang.

            SAAT mengajar MENULIS sebaiknya dimulai dari mengajarkan yang mudah ke yang sulit, maka sebelum belajar menulis tulisan yang menuntut argumentasi, misalnya, siswa akan lebih mudah belajar menulis tulisan naratif terlebih dahulu, menulis tentang diri sendiri, perasaan, pengalaman, saudara, teman, sekolah, dan sebagainya. Umumnya orang menulis tentang pengalaman pribadi di dalam buku diary atau buku catatan harian. Tidak ada salahnya guru menugaskan siswa untuk memilikinya dan menganjurkan mereka menulis tentang apa saja yang mereka amati dan pengalaman apa saja yang mereka alami. Kalaupun ada siswa yang tidak berusaha menulis di buku catatan harian, tidak masalah. Sekali-kali guru perlu membaca buku catatan harian siswa dan memberikan komentar yang positif pada tulisan mereka. Di kelas KBMN ini ada 30 pakar penulis yang akan membagikan pengalamannya kepada anda. Dari yang mudah sampai yang susah. Hanya mereka yang lahab membaca akan menjadi PENULIS dan mendapatkan MAHKOTAnya.

            Syarat utama menjadi seorang penulis adalah membaca karya tulis orang lain. Itulah mengapa penulis terkenal selalu lahab dalam membaca buku. Bagaimana supaya bisa selesai dengan cepat dalam membaca buku digital?. Mulailah membaca daftar isinya dan pilihlah bagian yang menarik hati anda. Setelah itu, bacalah dengan tenang lalu fokuslah membaca tulisannya. Dengan segala kerendahan hati, mulailah menahan diri untuk fokus membaca. Perintah pertama yang turun dari Allah adalah membaca. Mulailah banyak membaca untuk menjadi seorang penulis.

            Malam-malam begini... biasa Om Jay selalu menasehati kami semua dengan trik-trik menulis dan cara sukses menjadi penulis. Dengan mantra yang kami hafal di luar kepala, “Menulislah setiap hari lihatlah apa yang terjadi”. Masih nasehat Om Jay buat kami semuanya, “Profesor Budiman Hakim mengatakan, ‘keterampilan menulis adalah keterampilan menuangkan ide, gagasan, perasaan dalam bentuk bahasa tulis sehingga orang lain yang membaca dapat memahami isi tulisan tersebut dengan baik. Anda perlu latihan terus menerus agar semakin terampil menulis. Guru harus menemukan metode atau cara yang tepat agar siswa semakin terampil menulis. Dengan latihan yang berkelanjutan, alur komunikasi bahasa lisan akan tersampaikan dengan baik lewat tulisan’.”

            Inilah cara Om Jay menyapa kami semuanya. Dengan santai beliau menyapa kami dan memberikan ilmu kepada kami. Tanpa kami sadari muncullah bakat kami, seperti malam ini saya mengabadikan dialog dalam group KBMN bersama beliau. Banyak ilmu yang saya dapatkan, tak ingin buruan itu terlepas. Maka saya ikat ilmu itu dengan tulisan ini.

            Pada akhir malam, pesan akhir beliau sebelum kami istirahat adalah: “Pada pengelolaan blog, unsur keterampilan menulis sangat mutlak diperlukan agar blog yang dibuat dapat menarik hati para pengunjungnya untuk membaca dan memberikan komentar. Semua itu akan terjadi seiring banyaknya tulisan yang dituliskan oleh seorang blogger. Semakin banyak tulisan yang dibuat, maka semakin banyak pula kesempatan pembaca untuk membaca tulisannya secara online. Jadilah blogger dengan memiliki blog pribadi”.

            Alhamdulillah... banyak ilmu saya dapatkan malam ini bincang-bincang bersama guru besar kami Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd founder KBMN Pengurus Besar PGRI. Semoga saya mewarisi ilmu beliau semuanya. Semoga saya pensiun dengan golongan pangkat IV/e seperti harapan beliau, aamiin Allahuma’aamiin...

 

Malam yang sepi, pojok kamar kerjaku: 08 Januari 2023

Pesisir pantai Namosain, Minggu, pukul: 22.44.11 Wita



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK