FEBRUARI CERIA HARI KE-5

 

AKU TERUS BELAJAR

“Sebuah tulisan tidak bisa langsung sekali jadi, kita perlu menata kalimat demi kalimat yang mudah dipahami”.

Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd

 

* * *

 

Kalimat tersebut di atas, saya dapatkan pada kegiatan Diklat Menulis bersama PGRI pusat pada gelombang ke-27 yang di gagas oleh Om Jay, Panggilan akrab dari Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. Beliau adalah motivator jutaan penulis Indonesia. Saya adalah salah satu binaan beliau, dalam dunia memulis buku.

Ibu Widya sahabat menulis saya dari kota dingin Malang di Jawa Timur, membuat puisi yang pernah dibacakan pada kegiatan KBMN. Puisi akronim tentang Beliau:

W ajah teduh nan bijaksana

I ndonesia bangga memilikinya

J angkauan wawasan  mengangkasa

A khlak mulia jadi pedomannya

Y akin dengan cita-cita

A kan memajukan literasi nusantara

 

K eahlihan menulis janganlah ditanya

U ukuran rupiah bukan target utama

S elalu berbagi semangat berkarya

U ntuk guru penulis se Indonesia

M odal menulis bisa keliling dunia

A pakah kita tak tertarik mencontohnya

H idup sekali menebar manfaat bagi sesesama                   

            Beliau adalah WIJAYA KUSUMA, mengenang Om Jay dalam karier menulis saya, sungguh sangat luar biasa. Kelembutan hati dan nasehatnya sungguh berkesan dan mendalam dalam hidup saya. Hal ini saya rasakan hingga hari ini. Hingga saya memiliki banyak karya, beliau secara langsung maupun tidak langsung telah merubah cara berpikir saya tentang dunia melalui tulisan kita. “Sederhana dan penuh makna”, ini kesan saya tentang Om Jay.

Pada buku saya kali ini, idenya dari beliau untuk menulis setiap hari selama 30 hari, tanpa henti. Hari Minggu ini banyak waktu bagiku di pagi hari. Saya manfaatkan waktu untuk bermesraan dengan Allah Azza wa Jalla dengan membaca Al-Qur’an. Saya membaca Juz 3 yang terdiri dari Surat Al-Baqarah dan Al-Imran.

            Dalam bacaan Al-Qur’an juz 3 ada ayat yang begitu populer, yaitu ayat kursi. Ayat Kursi merupakan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah yang menjadi surat kedua di dalam Al-Quran.

Bagi saya, setiap mengalami kendala dalam pekerjaan. Ayat kursi menjadi senjatanya, saya baca berulang kali, sampai kendala itu dapat saya atasi dengan mudah. Sering saya membaca ayat kursi usai sholat, hingga bisa menangis tersedu-sedu di atas sajadah. Ayat kursi ini memiliki banyak manfaat, dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab, Ayat Kursi merupakan ayat paling utama di dalam Al-Quran.

Pada bacaan Ayat Kursi berisi tentang ke-Esa-an Allah serta kekuasaan Allah yang mutlak. Di setiap kalimat pada bacaan Ayat Kursi mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaan dan manfaatnya. Dengan membaca ayat ini, maka akan memengaruhi jiwa dan keimanan hidup kita.

Dalam suatu riwayat, Rasulullah SAW bertanya kepada Ubiy bin Ka’ab tentang ayat yang paling utama dalam Al-Quran, “Ayat apa yang paling utama di dalam Al-Quran?” Kemudian Ubay bin Kai menjawab, “Ayat paling utama dalam kitabullah adalah Ayat Kursi.”

Dan Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR Muslim).

Ayat Kursi sebagai ayat yang paling agung di dalam Al-Quran karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu pada kalimat Al Hayyu dan Al Qayyum. Berikut ini bacaan Ayat Kursi yang disebut sebagai ayat paling agung dalam Al-Quran.

 “Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

 Artinya:

 “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita berdzikir dan berdoa hanya kepada Allah SWT. Dan salah satu cara berdzikir yang tepat adalah dengan membaca Ayat Kursi yang memiliki banyak manfaat apabila senantiasa kita baca. Diantara manfaatnya adalah:

 

1.      Mendapat perlindungan Allah

Manfaat pertama apabila kita membaca Ayat Kursi sehabis sholat adalah kita akan dijaga Allah SWT dari berbagai godaan setan, kejahatan manusia, binatang buas yang bersifat negatif bagi diri kita (membahayakan), perlindungan untuk keluarga dan harta benda.

 

2.      Membukakan pintu hikmah dan rezeki

Dalam kitab “Asraaul Mufidah”, barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak 18 kali setiap harinya, maka Allah akan membukakan dadanya untuk pintu hikmah, dimudahkan rezekinya, dinaikkan derajatnya oleh Allah di akhirat dan di dunia.

Dan orang yang membacanya sebanyak 18 kali juga akan diberikan pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya dan dirinya juga akan dijaga dengan izin Allah dari segala bencana yang akan menimpanya hari itu.

 

3.      Dimudahkan ilmu pengetahuannya

Syeikh abu Abbas menerangkan bahwa bagi orang yang membaca Ayat Kursi sebanyak 50 kali dan meniupkannya ke air hujan lalu meminumnya, maka Allah akan memudahkan akal fikiran dan ilmu pengetahuannya.

 

4.      Dihilangkan kefakirannya

Seperti dalam sabda Rasulullah, “barang siapa yang pulang ke rumahnya dan membaca Ayat Kursi, Allah akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya.”

 

5.      Dijauhkan dari godaan setan

Rasulullah SAW bersabda “Umatku yang membaca Ayat Kursi sebanyak 12 kali pada pagi Jumat, kemudian berwudhu dan melaksanakan sholat dua rakaat, Allah memeliharanya dari kejahatan setan dan kejahatan pembesar.”

6.      Mendapat perlindungan saat melakukan perjalanan

Bagi orang yang membaca Ayat Kursi saat perjalanan ataupun saat ingin memulai perjalanan, maka Allah akan memudahkan perjalanannya dan akan dilindungi selama perjalanannya.

 

7.      Dimudahkan segala urusannya

Syeikh Al-Bunni menerangkan bahwa barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak huruf pada ayat tersebut yaitu 170 huruf, maka Allah akan memberikan pertolongan padanya, mempermudah segala hajat yang ia punya, melapangkan fikirannya sehingga lebih mudah berfikir, diluaskan rezekinya, dihilangkan duka darinya, dan diberikan apa yang ia minta.

 

8.      Dilindungi oleh 2 malaikat

Barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebelum tidur maka Allah akan memerintahkan 2 malaikat untuk menjaganya selama ia tidur sampai pagi.

             Saya sangat yakin akan kebesaran Allah dalam segala urusan hidup. Selalu dan selalu apapun yang saya rasakan akan terhubung dengan Allah melalui sholat dan dalam keadaan apapun juga di setiap helaan nafas saya, Allah hadir dan saya hadirkan di hati.

Dengan menghadirkan Allah dalam hati di setiap helaan nafas, saya  merasa nyaman dan tanpa beban apapun juga. Seberat apapun masalah dalam hidup menjadi ringan, dan cepat terselesaikan.

Ketika kita dekat dengan Allah, bukan berarti tidak ada beban dan jauh dari masalah. Masalah akan selalu ada dalam hidup manusia, tetapi dengan mengingat Allah. Semua akan Allah mudahkan dan diberkahi serta mendapat ridho Allah.

Hari ini saya memiliki beban berat dalam hidup saya, tantangan menulis bersama Prof. Eko akan gugur bersama minimnya ilmu pengetahuan saya tentang Classroom Physical Arrangements. Saya tak sanggup mencari referensi tentang ilmu tersebut.

Banyak faktor yang membuat saya gagal dalam tantangan ini. Saya sedih, jelas itu!. Group menulis Januari Berseri 2023 bersama Prof. Richardus Eko Indrajid, malam ini pukul 23.29 WIB akan saya tinggalkan.

Saya tetap merasa optimis untuk bisa menerbitkan buku mayor bersama Om Jay dalam Februari Ceria 2023. Belajar bisa dimana saja sesuai kemampuan dan bakat kita. Saya merasa menulis bersama Prof. Eko terlalu berat bagi saya. Ilmu menulis saya belum sampai ke sana, tetapi saya terus belajar. Suatu saat pasti saya akan bisa belajar bersama Prof. Eko dan menerbitkan buku mayor. Bismillah...

 

Referensi:

https://smartcity.patikab.go.id/index.php/data_berita/detail/berita_online/4949#:~:text=Manfaat%20pertama%20apabila%20kita%20membaca,untuk%20keluarga%20dan%20harta%20benda.

 

Di unduh pada hari Senin, tanggal 22 Agustus 2022, pukul: 22.02 Wita

 

 



Komentar

  1. MasyaAlloh menguatkan diri untuk terus dalam kebaikan 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu, dalam patah hati ada Allah tetap terjaga iman kita sampai ajal menjemput kita nanti.

      Hapus
  2. Bagus sekali, terimakasih atas penyegaran ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bu, terima kasih juga sudah berkunjung di blog saya

      Hapus
  3. semoga kita termasuk manusia yang pandao membaca al quran dan mengajarkannya kepada orang lain serta mengamalkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahuma'aamiin... Terima kasih Om Jay motivasinya. Semoga bisa terbit buku mayor bersama Om Jay, aamiin...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK