MAKAO


MAKAO

Makao dan Susu Kambing
Mak Nyuuus enaknya!

Assalamu’alaikum dunia...
Pagi ini, saya ingin sekali memasak makao, semua bahan sudah saya siapkan dari kemaren. Ada sayur sawi, tauge, wortel, daun bawang, kol/kubis. Keluargaku paling suka gorengan yang satu ini. Kisah cerita dibalik makao adalah anak-anak paling sulit diajak makan sayur, suatu ketika saya membaca tabloit NOVA. Dulu saya berlangganan tabloit ini, salah satu artikelnya “Menyiasati anak suka makan sayur”.

Dalam artikel itu di jelaskan menjadi seorang ibu itu harus cerdas dalam segala hal. Menjadi ibu itu harus pandai dan cerdas, meskipun tidak sekolah tinggi harus bisa meraih derajat ilmu yang super tinggi. Jika memungkinkan harus lebih tinggi dari gelar kesarjanaanku sendiri. Meskipun saya hanya lulusan sekolah swasta IKIP PGRI Surabaya, sekarang Universtas Adhi Buana salah satu sepuluh besar Universtas terbaik se Surabaya.

Saya bangga menyandang gelar “M.Si” di depan atau di belakang nama saya. Sejatinya memang harus seperti itulah tugas seorang ibu. Hal itu tak perlu sekolah tinggi di bangku kuliah. Cukup kita banyak membaca dan mempraktekkan dalam dunia nyata, kita sudah dapat gelar “M.Si” tersebut. Enak bukan?...

Bersama ini saya kutip tulisan dari Pak Wahid Aman, salah satu widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidik Nusa Tenggara Timur (LMPM NTT). Tertulis di buku beliau halaman 133 : “Ibu, derajatmu tiga tingkat dibanding ayah. Kau mengandung melahirkan, menyusui lalu membesarkan putra putrimu ibu. Ibu Millenial tak cukup menyandang predikat Magister Segala Ilmu (M.Si). Ia harus memiliki 10 keahlian sebagai modal dasar dalam berkeluarga. Tanpa itu ibu millenial akan layu sebelum berkembang dan akan tumbang tatkala badai keluarga menerpa.”

Sepuluh keahlian ibu yang diambil dari buku Pak Wahid Aman dengan cover depan Mutiara Dunia Maya tersebut, berasal dari akun Ibu Siti Maryam pada WhatsAap Group LPMP Family New, dengan judul asli “Ibumu Sarjana Apa?”, yaitu:
1.      Ibu harus belajar Ilmu Agama karena ibulah yang pertama kali mengenalkan anak kepada Allah, membangun akhlak yang luhur serta iman yang kokoh menghadapi terpaan zaman.
2.      Ibu harus belajar Ilmu Akuntansi agar bisa mengurus pendapatan keluarga dan mengelolanya untuk kebutuhan rumah tangga, tabungan serta menata pemasukan dan pengeluaran yang seimbang.
3.      Ibu harus belajar Ilmu Tata Boga, sehingga menjadi chef andalan yang bertugas menyiapkan makanan buat keluarga. Ibu juga harus belajar ilmu perhotelan sehingga bisa mengatur dan menata rumah sebagai istana keluarga.
4.      Ibu harus belajar Ilmu Gizi, agar bisa menyiapkan makanan bergizi bagi keluarga setiap hari.
5.      Ibu harus belajar Ilmu Keguruan dan Pendidikan. Ibu harus menguasai ilmu yang diajarkan di sekolah dasar agar bisa mengajari anaknya bila kesulitan mengerjakan PR
6.      Ibu harus belajar Ilmu Farmasi, agar bisa memberi pertolongan awal kepada keluarga yang sedang sakit dan menyedikan obat-obatan ketika keadaan darurat.
7.      Ibu harus belajar Ilmu Keperawatan, karena ibulah yang merawat anak dan suami ketika mereka sakit. Yang menyeka tubuhnya ketika tidak diperbolehkan mandi, mengganti kompres, Ibu adalah perawat yang handal.
8.      Ibu harus belajar Ilmu Kesehatan, agar bisa menjaga asupan makanan, kebersihan, melindungi anggota keluarga dari gigitan nyamuk, dll.
9.      Ibu harus belajar Ilmu Psikologi, agar bisa berkomunikasi dengan baik saat menghadapi anak-anak di setiap jenjang usia, juga sebagai teman curhat suami yang terbaik, ketika sang suami sedang mengalami masalah.
10.  Ibu juga bisa bekerja (mencari uang), membantu suami untuk menambah penghasilan keluarga.
Demikian tuntutan keharusan seorang ibu yang bergelar Magister Segala Ilmu (M.Si). Untuk memenuhi tugas Ibu pada nomor 3 dan 4, sebagai seorang Ibu dalam keadaan pandemi covid-19 saat ini hobi memasak bisa tersalurkan dengan baik. Paling tidak menu di rumah setiap hari bervaariasi, bukan beda hari. Hampir setiap hari bisa ganti dua atau tiga menu masakan yang harus saya olah untuk dihidangkan pada meja makan pagi, siang, dan sore.

Setelah kemarennya saya membaca artikel emak gaul dan wanita karier Ibu Mudafiatun Isriyah tentang cireng. Di blog beliau http://ieiezarticle.blogspot.com/?m=1 pada tanggal 11 April 2020. Saya ingin juga menulis menu gorengan yang disukai keluarga yaitu makao, di Jawa gorengan ini namanya bakwan, di Surabaya masyaraktnya menyebutnya ote-ote. Gorengan ini memenuhi banyak gizi sayuran, diantaranya wortel yang terkenal memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Bayangkan dalam satu gorengan yang orang Nusa Tenggara Timur menyebutnya makao ini, dalam tangan saya selalu memenuhi banyak gizi. Sebab anak-anak tidak suka makan sayur jika cara penyajiannya di olah dengan kuah yang begitu-begitu saja. Di dalam makao karya ibu guru cantik ada kandungan gizinya, dan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita, antara lain :
1.      Wortel
Wortel mengandung berbagai Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia yang dikandung oleh Wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.

2.      Sayur Sawi
Menurut data pangan Kemenkes RI, dalam 100 gram caisin mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti:
Makronutrien
Energi (Energi): 20 Kalori
Protein (Protein): 1,7 gram
Lemak (Lemak): 0,4 gram
Karbohidrat (CHO): 3,4 gram
Serat (Serat): 1.2 gram

Mineral
Kalsium (Ca): 123 miligram
Fosfor (P): 40 miligram
Besi (Fe): 1,9 miligram
Natrium (Na): 18 miligram
Kalium (K): 358,2 miligram
Tembaga (Cu): 0,05 miligram
Seng (Zn): 1,4 miligram

Vitamin dan antioksidan
Beta-Karoten (Karoten): 1,675 mikrogram
Total Karoten (Re): 4,188 mcg
Thiamin (Vit. B1): 0,04 miligram
Riboflavin (Vit. B2): 0,19 miligram
Niasin (Niasin): 0,6 miligram
Vitamin C (Vit. C): 3 miligram

3.      Daun Bawang
Manfaat Daun Bawang yaitu Sumber Zat Besi, mengandung Vitamin K, Mengandung Serat, Kaya Vitamin C, Tinggi Kalium dan Folat, Baik untuk Kesehatan Mata, Penjaga Kadar Gula, Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Karena kandungan quercetin dan kemferfol, merupakan zat antioksidan yang baik untuk tubuh. Manfaat daun bawang yang lainnya adalah mencegah tubuh dari pilek, demam, dan flu. (Deni/R4/HR-Online).

4.      Tauge
Dilansir oleh TribunTravel dari berbagai sumber, berikut manfaat mengonsumsi tauge yang jarang diketahui. Berikut ini manfaat mengkonsumsi tauge (Kecambah Bahasa Jawa)
1.  Menurunkan Risiko Stroke, karena dalam tauge mengandung asam lemak omega-3 dan kalium yang cukup banyak. Kandungan tersebut bekerja untuk menurunkan tekanan darah. Apabila tekanan darah normal, maka mengonsumsi tauge secara rutin bisa menurunkan risiko stroke.
2.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, selain kalium, tauge juga mengandung  
banyak Vitamin A dan Vitamin C. Vitamin yang terkandung di tauge memiliki manfaat yang baik untuk sel darah putih. Sehingga mengonsumsi tauge secara rutin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian tubuh akan terhindar dari serangan bakteri dan virus.
3.  Melancarkan Sistem Peredaran Darah, Tauge juga mampu membuat sistem peredaran darah menjadi lancar. Hal ini dilakukan oleh zat besi yang terkandung dalam tauge. Kandungan dalam tauge mampu meminimalisir racun yang ada dalam tubuh.
4.  Menurunkan Berat Badan, Tauge dipercaya mampu menurunkan berat badan. Sehingga banyak orang yang melakukan program diet dengan mengonsumsi tauge secara teratur. Tauge mengandung rendah kalori dan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Sehingga tubuh akan lebih mudah melepaskan lemak jahat.
5.  Melancarkan Sistem Pencernaan, Tauge juga mampu melancarkan sistem pencernaan dan menyembuhkan diare. Enzim yang terkandung dalam tauge mampu mengangkat kotoran yang ada dalam usus. Saat sistem pencernaan menjadi lancar, maka penyakit diabetes dan sembelit juga akan teratasi.
6. Menjaga Kesehatan Rambut, Vitamin C yang terkandung dalam tauge mampu menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin dalam tauge mampu menjaga hingga akar rambut agar lebih kokoh. Selain itu, mengonsumsi tauge secara teratur juga bisa mengurangi risiko kerontokan pada rambut.
(TribunTravel.com/ Nurul Intaniar)

5.      Kol/Kobis
Manfaat kol bagi kesehatan tubuh
Di balik gas yang dihasilkannya, ternyata sayuran kol memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Berbagai manfaat kol ini bisa meningkatkan kesehatan Anda dan bahkan mencegah dari berbagai jenis penyakit. Berikut ini adalah beberapa khasiat kol bagi tubuh:
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
2. Mengobati peradangan dan infeksi
3. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan
4. Menjaga kesehatan jantung
5. Mengontrol tekanan darah
6. Menjaga kesehatan tulang
7. Meningkatkan kesehatan otak
8. Mencegah penyakit kanker
9. Mencegah terjadinya katarak
10. Merawat kulit dan wajah
11. Merawat rambut

6.      Buncis
Kandungan nutrisi dalam buncis yaitu mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Di antara kandungan nutrisi tersebut, antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, vitamin B6, protein, zat besi, kalsium, serat, kalsium, fosfor, potasium, dan zat penting lainnya, misalnya zat b-sitosterol dan stigmasterol. Adapun manfaat buncis bagi kesehatan di antaranya, Mencegah penyakit jantung, Mencegah kanker, Menurunkan kadar gula darah, Mencegah sembelit dan konstipasi.

Bisa kebayangkan bagaimana kita tak sehat?, jika ibunya pandai meracik menu sehat setiap hari. Akhirnya selamat menikmati hidangan pagi ini dengan makao dan susu kambing HNI HPAI. Semangat pagi semuanya...

Selesai di tulis bersamaan dengan menggoreng makao, 06.45.55 WITA
Namosain tanggal : 14 April 2020

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

NGE-BLOG itu KEREN

HIKMAH DARI PLN PADAM