MENJADI HEBAT TAK HARUS JADI PEJABAT 9


MENJADI HEBAT TAK HARUS JADI PEJABAT 9

Bidadari dari surga untukku
DR (C) Mudafiatun Isriyah, M.Pd

Tulisan ini dari seorang dosen yang tinggal di Lumajang Jawa Timur, Ibu DR (C) MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd, beliau salah satu doktor pada Universitas PGRI Jember Jawa Timur. Saya mengenalnya lewat group menulis online yang di nakodai oleh Om Jay Bapak Wijaya Kusumah guru TIK dari Lab.school Jakarta.

Bersama 20 narasumber se Indonesia saya memberikan sedikit ilmu dan pengalaman saya menjadi guru, instruktur, fasilitator, guru inti, juga narasumber, di Nusa Tenggara Timur yang juga sebagai penulis buku best seller nusantara Perkenalan itu berlanjut menjadi sahabat dan saudara yang begitu akrab terjalin lewat komunikasi japri WA setiap saat.

Setiap saat kami selalu berkomunikasi tentang apa saja di tengah pandemi corona. Ada saja yang kami bicarakan dalam keseharian kami di tempat tinggal kami masing-masing. Saya begitu terkesan pada tulisan beliau tentang “Kucing” tantangan menulis yang di berikan oleh Om Jay pada kami peserta menulis blog.

Ibu dosen yang cantik ini menuliskan tantangan tentang kucing pada halaman blog nya di sini: http://ieiezarticle.blogspot.com/2020/03/bonding-dengan-kucing-ini-caranya.html

Tulisan dalam blog beliau sangat seru, menurut saya, karena beliau seorang dosen, ilmunya pasti lebih banyak dari saya yang hanya seorang guru SMP di desa. Jika saya pernah menjadi narasumber beliau dalam menulis inspirasi, untuk urusan menulis karya tulis ilmiah saya harus banyak belajar dari beliau. Bahkan saya tak sungkan lagi minta tolong kepada beliau untuk koreksi beberapa karya tulis ilmiah saya.

Tiada gading yang tak retak, segala kesempurnaan itu hanya milik Allah. Jika saya kemaren menjadi narasumber beliau dalam menulis inspirasi, maka saat ini beliau adalah guru saya dalam menulis ilmiah. Terima kasih Bu Dosen yang cantik!. Beliau merekomendasikan saya belajar menulis ilmiah dari resume beliau kuliah dari Austria bersama Bapak Imam Fitri Rahmadi dengan Tema: Dasar Menulis: Kata, Kalimat dan Paragraf, di sini : http://ieiezarticle.blogspot.com/2020/04/rumus-jitu-menulis.html



Narasumber kami tadi malam, memberi ilmu langsung dari Negara Austria tepatnya di student dormitory lantai 11. Pada siang hari pukul 14.00 waktu setempat. Alhamdulillah, siang ini pukul 14:00 di Austria cuacanya cerah, begitu sapa beliau dari Negara Austria.

Sebagai guru di desa Besmarak, Kabupaten Kupang – Nusa Tenggara Timur saya bangga menjadi bagian dari kelas online ini. Banyak ilmu bermanfaat yang saya dapatkan tentang dunia menulis dengan baik, berkualitas dan gratis !!!. Kami saling suport satu dengan yang lainnya. Di dalam kelas ini saya merasakan kerjasama yang luar biasa, kami kompak satu dengan yang lainnya.

Terima kasih Ya Allah untuk kesempatan berlian ini yang Engkau berikan kepada kami belajar gratis yang berkualitas!.

Mari kita sama-sama membaca resume beliau ketika ibu guru cantik menjadi narasumbernya, beliau menuliskannya di blog beliau di sini :  https://ieiezarticle.blogspot.com/2020/03/ibu-lilis-adalah-inpirasiku-menulis.html
Dengan isi lengkap resume sebagai berikut :

Mudafiatun Isriyah
DOSEN DI JEMBER

Maret 13, 2020
IBU LILIS INPIRASIKU MENULIS (8)
Jumat, 13 Maret 2020
Tema: Menjadi Guru Tangguh di daerah 3 T
Nara Sumber : Lilis Ika H. Sutikno

Sebaik-baik manusia adalah jika dalam hidupnya selalu bermanfaat untuk umat (Lilis)

Mimpi untuk menjadi penulis sudah di depan mata. Sudah sangat lama di impi-impikan untuk menjadi seorang penulis. Ibu Lilis dari Kupang NTT ternyata seorang guru pemberi inspirasi.

Biar gaji sedikit..
Jadi guru desa..
Hingga kini akan melangkah ke
IV C (Lilis, 2020)

Pengalaman menjadi guru yang tangguh di daerah 3 T sangat menyenangkan bagi Ibu Lilis Ika H. sutikno. Berbekal memiliki prinsip menjadi perempuan tangguh, menerima halangan dan rintangan, banyak cacian dan hinaan, banyak cibiran dan fitnah dan cuek sebagian dari iman, maju terus pantang mundur. Sekali layar terkembang pantang kita kembali ke dermaga lagi. Laju terus biar angin badai menghantam. Lajukan kapal dengan kemudi kuat iman di dada serta hanya berharap pada ridho Allah semata.

Semua agenda dan profil Ibu lilis tertuang di laman FB Lilis Sutikno. Bercerita tentang kesehariannya semua bahan ada di FB, baik perjalanan dinas maupun kegiatan lainnya. Ada rasa kesal terhadap lingkungan sekitarnya. Semua tertuang di FB. Ibu Lilis memiliki komitmen saya menulis buku baik keroyokan maupun mandiri. Dan juga sebagai seorang pengurus AGUPENA PUSAT.

Menulis itu tidak selalu fokus, duduk, diam dan mengetik. Saat ini menulis bisa dimana saja. Momen-momen penting selalu di taruh di FB.

Dalam segala kegiatan tiada hari tanpa menulis, Segelas Bersamamu....Ditulis ketika mengambil surat tugas ke kantor dinas PK Kab. Kupang, di Oelamasi. Menjadi Hebat tdk harus Pejabat, ini perjalanan dinas ke Kab.Manggarai Timur


Sebelumnya hanya memiliki hobby menulis,
Tulis.....
Tulis.....
Tulis.....
Dimuat di FB, tambah foto, tambah video. Dibumbui royco ke depan pakai oven juga.

Untuk menjadi seorang ahli dalam organisasi dan menjadi editor dengan modal keberanian....PD saja untuk cetak buku. Bermodalkan hutang 32 juta, saya catat, saya bukukan pakai  akutansi sederhana. Sampai saat ini masih untung lebih dari 20 jt. Buku habis terjual. Dan saat ini cetak ulang dengan cover Best Seller. Jika menggunakan manajemen yang bagus, ternyata penulis buku itu bikin kita kayaaa looo...

.Ada memang yang bisa tanpa modal. Prinsip Ibu Lilis bahwa nilai sedekah lebih dari segalanya.  mencetak buku berbayar, jika banyak mencetak kita akan diberi royalty.  Dengan sedekahkan buku kita maka kita sedekah ilmu,  dengan sedekah ilmu kita sama dengan guru besar yang maha besar.

Dalam manajemen penjualan ibu lilis sangat supel. Menggunakan keterampilan pendekatan dengan kepala dinas dengan bermodal instruktur provinsi NTT. Tolong jualkan buku saya. Melalui grup kepala sekolah buku sudah tersebar sewilayah provinsi NTT. Selain itu keterampilan khusus yang dimiliki adalah dengan bahasa promo ibu Lilis memaparkan:
buku saya bagus.....,
sangat menginspirasi dunia.....
Orang jualan narkoba sembunyi-sembunyi saja laku. Masak kita jualan buku, bagus lagi. Pada Allah buka jalan keberkahan untuk menjadi kaya raya karena menulis buku.
Disertai Gas geree...
tahajutnya...
dhuhanya....
baca Alqu'annya...
Istigfarnya....
sholawat nabinya...
sedekahnya....

Kesalahan orang yang pandai ialah menganggap yang lain bodoh,, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai (Pramoedya Ananta Toer: Lilis Ika:2020)

Menulis keroyokan dalam bhineka tunggal ika dari berbagai suku bangsa

Menulislah !!!  Agar dunia tahu siapa dirimu (Lilis,2020)

#semangat menulis
# Mudafiatun Isriyah

Catatan Bunda :
Yang harus di luruskan, Bunda menjadi pengurus AGUPENA Wilayah Nusa Tenggara Timur.


Ibu dosen ini bisa dijumpai di blog beliau di sini : https://ieiezarticle.blogspot.com/?m=1 Karya tulis beliau sangat banyak menginspirasi dunia. Adapun biodata beliau sebagai berikut; 

DR (C) MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd
Dosen, Asesor PAUD nasional, masa studi S3 BK di Universitas Negeri Malang. Menempuh Magister Pendidikan PAUD di UNESA Surabaya dan Sarjana Pendidikan Agama Di Universitas Muhammadiyah Malang serta menempuh sarjana Pendidikan Bimbingan dan Konseling di IKIP PGRI Jember yang sampai sekarang mengabdi di sana.
Lahir di Lumajang tepatnya berbarengan dengan lahirnya Ibu Kita Kartini, 21 April. Suami Sutrisno (Pens. PNS Guru SMATA Tempeh). Anak tiga. 1) Zada Wildaningrum Mustika Ratri (PNS Guru SMKN Pasirian), 2) Aji Mahsa Al Maukuf (Desainer Robotik UGM), 3) Clarissa Aydin Rahmazea (status siswa SMPN 1 SUT Lumajang kelas 8 G). Jangan lupa kunjungi artikel saya di: https://ieiezarticle.blogspot.com/  ; FB Mudafiatun Isriyah; Instagram Ieiez

Alhamdulillahirobbil’alamin..., puji syukur hamba panjatkan kepada Engkau Ya Rabb, telah Engkau pertemukan hamba dengan bidadari cantik malaikat tak bersayap yang banyak membantu dan menolong saya dalam menulis ilmiah. Berikan keberkahan dan rejeki yang berlimpah, serta kesehatan, kepada saudariku dosen yang cantik ibu Mudafiatun Isriyah dan suami, beserta keluarga, aamiin ya robbal’alamiin .....

Selesai ditulis pada tanggal; 10 April 2020
Namosain, 10.29 WITA
Kupang - Nusa Tenggara Timur

Komentar

  1. Allohu Akbar,
    Pernah sy mendengar bahwa orang yang diangkat derajatnya adalah ketika pulang dari Ibadah Umroh/haji akan nampak perubahan, Ya Rabb hamba tdk takabur namun merasakan bahwa sepulang dr Ibadah Umroh bulan Februari tepatnya tgl 10 sampai ditanah air, Allaohu Akbar kuasa Ilahi tdk akan tergantikan, Maha Benar Allah dg Segala Firmannya, sy sll diberi kemudahan dlm segala langkah termasuk dipermukan di grup menulis Omj dan bertemu dg Bunda Cantik dr NTT yg sll menginspirasi sy semangat menulis yg awalnya sy jarang menjenguk Blog akhirnya benar2 membuka pikiran sy Bunda Lilis di ujung Timur sangat rajin menulis, terhentak hati unt lbh bertahan di grup Omj krn memang gel 4 ini sangattt luarrrr biasa antusias peserta tergolong memiliki kemampuan berbeda dan mnrt teori social presence mrk memiliki interaksi dan komunikatif itulah sejatinya sukses belajar online termasuk komunikasi intens bersama bunda Lilis guru Cantik dr NTT, salam sayang selalu dr keluarga Lumajang dan semoga kita sama2 dimudahkan langkah mnju Surganya Allah, selamat dunia akherat, aamiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah.
      Mohon doanya Bu, semoga di lancarkan urusan saya naik pangkat ke IV/c nanti. Aamiin...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

NGE-BLOG itu KEREN

HIKMAH DARI PLN PADAM