DIAM adalah EMAS


DIAM adalah EMAS

Emas Batangan Yang Mahal Harganya

Tulisan ini ada di facebook saya pada tanggal 17 April 2018 yang lalu, dan saya tulis lagi di blog ini pada malam kesebelas di bulan Ramahan 1441 hijriah. Ada yang menarik untuk saya kupas tuntas dari kejadian megapa saya memuat ulang tulisan ini. Karena rasa kecewa yang begitu dalam pada sekeliling saya ketika itu. DUNIA TERASA TIDAK ADIL BAGI DIRIKU saat itu, pelan tapi pasti akhirnya Allah membuka mata hatiku untuk bisa memaafkan semuanya dengan ikhlas.

Setelah terlukai, pohon tak pernah menunggu permintaan maaf dari parang untuk terus tumbuh. Seperti pohon itulah aku ingin terus bertumbuh menjadi besar dan ridang. Kutuliskan kisahku ini dalam luka yang dirasakan pohon yang dipangkas oleh parang itu. Tak perlu aku menunggu permintaan maaf dari orang yang telah berusaha memotong dahan dan rantingku untuk tumbuh dan berkembang menjadi besar. Cukup kutulis semua ini sebagai penanda ada kehidupan yang tidak adil dalam diriku.

Ketika itu, saatnya saya terima SK (Surat Keputusan) kenaikan pangkat dari IV/a ke IV/b. Seharusnya terhitung sejak 1 Oktober 2018 pula gajiku sebagai Aparatur Sipil Negara naik beberapa rupiah. Karena terlambat tiba di sekolahku, karena alasan yang tidak bisa saya ceritakan semuanya disini. Saya menerimanya ketika pertengahan April 2019, itupun karena data dapotik sekolah saya tidak bisa di upload datanya sebab foto copi SK saya belum masuk ke bendahara kantor dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur.

Ketika itu, data tentang kepangkatan saya terbaca di Dapodik sudah IV/b. Semua sibuk membuat daftar pembayaran gaji sertifikasi triwulan pertama tahun 2019, data dapodik saya terbaca sudah IV/b sejak 1 Oktober 2018. Tetapi gaji sertifikasi saya triwulan terakhir tahun 2018 masih seperti yang dulu, terbayar gaji saya sama dengan pangkat yang lama IV/a. Hal ini terjadi karena, administrasi di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang data penunjang foto copi SK IV/b saya tidak ada. Karena memang saya belum terima SK tersebut.

Ada permainan terselubung pada orang-orang yang sengaja mendzolimi saya, dan tidak memberikan SK itu kepada saya hingga pertengahan bulan April 2019. Pimpinan saya di sekolah berkata, bahwa ini akibat saya melawan pimpinan. Beliau melayangkan surat kepada Bupati Kupang, waktu itu dijabat oleh Bapak Ayub Titu Eki. Diluar dugaan beliau, saya pribadi berbicara secara pribadi dengan bupati Bapak Ayub Titu Eki, melalui WashAap. Betapa kagetnya saya, ternyata setelah di telusuri surat itu tidak sampai ke Bupati Kupang. Cukup saya tahu bahwa Bupati Kupang waktu itu tidak menerima surat pengaduan dari pimpinan saya

Lalu kemana surat pengaduan itu ada?...., lalu kemana SK kenaikan pangkat saya disembunyikan?..., Saya berkata kepada Bupati Kupang, Bapak Ayub Titu Eki ketika itu, jika surat itu sampai dimeja kerja Bapakpun. Tak akan gentar sedikitpun saya menghadap Bapak, sebab tidak ada kesalahan sedikitpun saya dalam melaksanakan tugas sebagai guru di SMP Negeri 2 Nekamese.

Mendengar cerita saya, Bupati Kabupaten Kupang Bapak Ayub Titu Eki bersedia menguruskan uang selisih gaji saya yang tidak terbayarkan oleh Kabupaten Kupang akibat keteledoran Dinas Pendidikan, dari bulan Oktober, November, Desember 2018, hingga Januari, Februari, Maret, Apri 2019. Dengan segala kerendahan hati saya memohon kepada beliau tidak perlu Bapak. Masih banyak yang harus Bapak selesaikan di akhir masa jabatan ini.

Sebagai pemimpin hebat, beliau meminta maaf atas kesalahan dalam pembayaran gaji tersebut, akibat keterlambatan yang disengaja oleh Dinas Pendidikan untuk menyembunyikan SK kenaikan pangkaat saya dari IV/a ke IV/b saat itu. Mengapa saya harus bicara langsung dengan beliau melalui WhasAap dan berbalas-balasan?.

Agar semua menjadi tahu, sebagai manusia yang merasa tidak bersalah, lalu di laporkan kepada Bupati, itu sesuatu hal yang tak masuk akal sehat saya. Sampai darah penghabisan, saya akan memperjuangkan nama baik saya demi anak cucu saya. Cukup saya mengetahui bahwa surat itu tidak sampai kemeja beliau, dan beliau sebagai pemimpin hebat dan sangat arif serta bijaksana menyampaikan permohonan maaf itu kepada saya. Cukup bagi saya untuk tahu hal itu.

Cerita ini harus diketahui publik, anak dan cucu saya harus tahu. Bahwa Eyang putrinya seorang wanita tangguh dan pemberani. Selalu berbuat jujur dan berani memperjuangkan keujuran itu !. Dampak dari terhambatnya SK saya tidak masuk ke bendahara, mengakibatkan gaji PNS saya tetap terbayarkan sama dengan SK lama. Ada selisih pembayaran antara gaji IV/a dan IV/b. Hal ini saya rasakan tetap bersandar kepada pertolongan Allah semata, sambil terus berdzikir, berpuasa, taat dan tunduk pada ketetapannya. Terus memohon dengan sepenuh hati, segenap jiwa, hingga tak terasa berurai airmata. Hanya Allah Tuhan semesta alam yang tahu betapa sakit dan teririsnya rasa hati hamba didzolimi hingga mengambil hak-hak anak saya.

Padahal apa yang hamba lakukan sudah sesuai jalur rel ketaat hamba pada sang khalik!. Surat itu dilayangkan kepada Bupati Kupang, entah sampai dimana?... tetapi berdampak pada didzolimi-nya diri saya hingga berbulan-bulan kelebihan gaji dari golongan IV/a ke golongan IV/b saya tidak menerimanya. Inilah nasib guru desa yang memiliki banyak aktivitas dan kreatifitas yang luar biasa. Setiap aktivitasnya menginspirasi dunia, menjadikan banyak sekelilingnya iri, dengki, dan sirik juga menutup akses untuknya bergerak.

Bukan ibu guru cantik sebutanku, jika tak berkreasi, dan berinovasi. Masa lalu itu biarlah berlalu, dan aku tetap akan melaju dengan inspirasiku. Cerita ini akan mewakili banyak guru yang kreatif dan inovatif dalam pembelajarannya. Kita tidak boleh putus asa pada kenyataan hidup yang tidak berpihak kepada kita. Jadikan hujatan, hinaan, dan apapun yang menghambat kita menjadi batu loncatan kita untuk meloncat lebih tinggi lagi.

Hap!!!, sekali meloncat, dua atau tiga pulau akan terlampaui. Jika kita tetap bersandar pada kekuatan Allah, Tuhan kita diatas segala-galanya. Maka, tak ada lagi makhluk manapun dimuka bumi ini yang sanggup menghalanginya. Dan inilah aku, ibu guru cantik guru inspirasi dari Nusa Tenggara Timur. Sekali layar terkembang, pantang untuk kembali ke dermaga lagi. Maju terus pantang mundur !!!.

Dan biarkan anjing menggonggong, khafilah tetap berlalu, dan pada suatu waktu yang akan datang, maka akan tampaklah pada permukaan. Siapa anjing dan siapa khafilah itu?.


Isi dari facebook saya ketika itu . . .

Suratku untuk Mark Zuckerbergn
(Pendiri Facebook)

Mark, aku hanya ingin menyampaikan terima kasih kepadamu, betapa banyak saya mendapatkan manfaat dari Facebook milikmu ini. Tidak bisa saya hitung dengan angka Mark, juga tidak bisa saya menuliskannya dengan kata-kata. Seandainya saya seorang pelukis-pun, saya tak dapat melukis sesuatu yang indah untukmu Mark Zuckerberg.
Terima kasih Mark untuk semuanya ini.
Terima kasih Mark Zuckerberg,
Terima kasih ...
Terima kasih .....
Terima kasih .......
God bless you and family.

Mark...
Bacalah kisah di bawah ini, aku sangat terinspirasi dengan kisah ini. Ketika aku mendapatkan selembar kertas ini Mark, nasibku tidak jauh berbeda dengan Bapak Abraham Lincoln.

Mark...
Mari kita meneladani beliu dalam sisa hidup kita. Sebaik-baik manusia adalah jika dalam hidupnya banyak memberikan manfaat kepada semua umat.

Salam dari Indonesia untukmu
Ibu guru cantik,
Lilis Sutikno

Dikisahkan pada facebook saya ketika itu, dengan foto SK saya IV/b yang saya cari keberadaannya di kantor Dinas Pendidikan dan Kebuayaan Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Karena harus dilampirkan  pada berkas untuk pengambilan gaji sertifikasi dengan diantar langsung oleh pimpinan saya dari sekolah. Sebab saya bukan tipe orang yang mengemis untuk suatu keadaan dimana saya telah dihinakan. HARUS SAYA CARI !!!. SEBAB INI MENYANGKUT HAJAT HIDUP ORANG BANYAK!.

Apabila saya tidak bisa melampirkan foto copi SK kenaikan pangkat saya IV/b, maka berdampak pada tidak di prosesnyan gaji seluruh teman guru saya di SMP Negeri 2 Nekamese. KARENA ITU SAYA HARUS MENCARINYA DENGAN DIANTAR OLEH PIMPINAN SAYA. Sebab saya tidak tahu dimana SK itu berada?....

Inilah pertolongan Allah yang sungguh luar biasa. Jika Allah telah berkehendak KUN FAYKUN!!!. Jadi maka terjadilah !!!. Allahu Akbar, sungguh Allah Maha Besar atas semua kuasanya di bumi dan di langit!!!.

Kisah inspirasi itu sebagai berikut . . .

Saat Abraham Lincoln (1809-1865) masih pengacara muda, ia sering berkonsultasi dengan pengacara lain tentang kasusnya.

Suatu hari, ia duduk di ruang tunggu untuk menjumpai seorang pengacara senior. Tapi ketika tiba waktunya, pengacara itu hanya melihat Lincoln sekilas dan berteriak,
“Apa yang dia lakukan di sini? Singkirkan dia! Aku tidak akan berurusan dengan seekor monyet kaku!”

Lincoln berpura-pura tidak mendengar, walaupun dia tahu kalau hinaan itu disengaja. Biarpun malu, dia tetap bersikap tenang, seperti tak terjadi apa-apa pada dirinya. Kemudian ketika pengadilan berlangsung, Lincoln diabaikan. Namun pengacara yang telah menghina Lincoln dengan begitu kejamnya, ternyata bisa membela kliennya dengan brillian. Penanganannya atas kasus itu membuat Lincoln terpesona.


Katanya dalam hati, “Nalarnya sangat bagus. Argumennya tepat dan sangat lengkap. Begitu tertata serta benar-benar dipersiapkan! Aku akan pulang dan lebih giat belajar hukum lagi.”

...
.....
.......

Waktu berlalu…

Lincoln menjadi presiden Amerika Serikat pada bulan Maret 1861. Di antara kritikus utamanya, terdapat Edwin M. Stanton, pengacara yang pernah menghinanya dan melukai hatinya begitu dalam.
Namun Lincoln mengangkatnya di posisi penting sebagai Sekretaris Perang. Ia tidak pernah lupa bahwa Stanton adalah pengacara berotak cerdas, yang amat dibutuhkan negaranya.

Saat Lincoln meninggal, Stanton berkata, “Dia (Lincoln) merupakan mutiara milik peradaban.”

“Hanya seseorang yang berkarakter dan mau memaafkan seperti Lincoln, dapat bangkit & berhasil di atas penghinaan!. Maka, jaga suasana hati. Jangan biarkan sikap buruk orang lain menentukan cara kita bertindak. Pilih untuk tetap berbuat baik dan belajarlah memafkan. Jadikan “sampah” sebagai “pupuk” atau “bahan bakar” untuk maju—baik di lingkungan keluarga, kerja, atau tempat tinggal kita.”

Have a miraculous BREAKTHROUGH in every step of our life...

Tetap semangat !!!
Salam INSPIRASI...!!!


Namosain, 5 Mei 2020
Selesai ditulis, 18.21.21 WITA
Kupang – Nusa Tenggara Timur

Komentar

  1. Luar biasa bunda,,, sangat bersyukur berjumpa dengan bunda...
    Sosok inspiratif, yang selalu menebarkan nilai-nilai hidup yang seharusnya dimiliki oleh semua orang .. Salut buat bunda....
    Tetap lah menginspirasi bunda,,, Sosok yg akan ttp menjadi idola bagi saya... 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Sahat juga idolanya Bunda. Tetap berkarya dan terus berkarya demi harkat dan martabat keluarga. Pegang teguh kejujuran, meskipun kejujuran itu mahal harganya.

      Hapus
  2. Super bunda, semoga saya jg diberi kekuatan oleh Allah swt, utk tetap jujur dan juga harus tegar menghadapi kerasnya kehidupan. Semoga binda selalu menginspirasi banyak orang dan memberikan banyak manfaat utk sesama . Aamiin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

NGE-BLOG itu KEREN

HIKMAH DARI PLN PADAM