MUSUH TERBESAR ILMU ADALAH ILUSI BAHWA KITA BERILMU


Musuh Terbesar Ilmu adalah Ilusi bahwa Kita Berilmu


Bintang Iklan Wardah Cosmetik Mbak Dewi Sandra


Terpilih menjadi bagian dari Wardah Inspiring Teacher 2020 adalah suatu kebanggan tersediri dalam perjalanan hidup saya. Kata Syahrini dalam lagunya “Sesuatu” seperti itulah hatiku berada di komunitas Wardah Inspiring Teacher 2020. Kebayang bagaimana kita tergabung dalam group baru para guru yang super hebat ini. Seperti dalam lirik lagu itu, diceritakan bahwa:

Kau melihatku sampai terdengar bunyi
Dagdigdug dagdigdug detak jantungku
Kau rayu aku sampai aku jadi malu
Kau sentuh aku sampai ke mata tubuh
Dari rambut sampai di ujung kaki
Aku terpaku merasakan sesuatu
Peluklah aku di pelukanmu agar aku rindu
Sentuhan itu membuat diriku membayangkan sesuatu
Sesuatu yang ada di hatiku
Sesuatu yang ada di hatimu
Sesuatu yang ada di benakku
Sesuatu juga ada dalam benakmu
Kau sentuh aku sampai ke mata tubuh
Dari rambut sampai di ujung kaki
Aku terpaku merasakan sesuatu ooh
Peluklah aku di pelukanmu agar aku rindu
Sentuhan itu membuat diriku membayangkan sesuatu

* * *

Sesuatu yang ada di hatiku, Sesuatu yang ada di hatimu, Sesuatu yang ada di benakku, Sesuatu juga ada dalam benakmu... Ya Allah Rabb-ku, maka nikmat Tuhan manakah yang aku dustakan?... Dalam usia yang tidak lagi muda, dan aku tak mau disebut tua. Masih Engkau anugerahkan aku cinta ilmu, dan cinta pada dunia pendidikan sebagai bekal aku membagi ilmu kepada sesama.

            Malam ini seperti malam-malam sebelumnya, adalah malam yang aku lalui dengan banyak berdzikir dan meng-agungkan Nama-Mu dalam setiap helaan nafasku. Diujung malam, aku ukir sejarah sebagai penanda bahwa aku telah mewarnai kehidupanku di bumi-Mu yang indah ini.

            Ya Rabb, terima kasih untuk anugerah yang sangat luar biasa Engkau pertemukan hamba melalui group Wardah Inspiring Teacher 2020. Group para Guru Inspirasi yang benar-benar memberikan inspirasi dan perubahan paradikma pendidikan di era Pandemi Covid 19 ini. Berkomunikasi dan berdiskusi dengan para Guru Hebat Indonesia yang tidak pernah saya membayangkan sebelumnya bisa berjumpa mereka yang luar biasa ini.

            Wardah Inspiring Teacher 2020, telah membawa saya kepada dunia nyata pendidikan Indonesia di era 4.0 dengan segera. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita telah ada di dunia digital era 4.0. Seperti dikatakan Dr. Tarek Razik Head of School Jakarta Internasional School (JIS), guru-guru di Indonesia perlu memiliki gairah (passion) untuk mengajar dan kepedulian kepada murid dalam berperan sebagai guru di masa Revolusi 4.0. Sebagai guru, keinginan untuk belajar sepanjang masa juga diperlukan. "Ingatlah untuk selalu berpikir terbuka, selalu mencoba untuk mengembangkan diri," ujar Dr. Tarek kepada Kompas.com di JIS.

Menurutnya, guru tak selalu harus memiliki uang dan sumber daya pengajaran untuk dapat mendidik murid. Ia menekankan, guru mesti memiliki semangat kepedulian untuk mendidik dalam hatinya. "Jika kamu peduli dengan apa yang kamu kerjakan, kamu akan melakukan yang terbaik untuk para murid," jelasnya di Jakarta Intercultural School (JIS), Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Guru berperan penting untuk mendidik murid secara akademik maupun non-akademik dalam rangka penyiapan sumber daya manusia di era Revolusi 4.0.  Dengan mengikuti perkembangan ekonomi dan teknologi, guru akan lebih memahami seputar Revolusi 4.0. Guru yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang Revolusi 4.0 akan bisa menularkan pengetahuan ke murid secara lebih baik.

Jelaslah bahwa peran guru sangat dibutuhkan oleh peserta didik di era 4.0 ini. Guru akan berperan dalam pembelajaran kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peran guru membantu mengarahkan siswa di lapangan meski adanya teknologi. Kunci kepercayaan yang paling dibutuhkan untuk mendidik siswa adalah guru.

Dalam Wardah Inspiring Teacher 2020 (WIT 2020), sebagai guru senior saya merasa berada dalam wadah komunitas ini, bagiakan mendapatkan durian runtuh dari langit. Bagaimana tidak?.., peserta dalam WIT 2020 hampir semuanya para guru yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran di kelas pada era 4.0 saat ini.

Salah satu teladan yang baik dalam komunitas ini adalah Pak Syabar, dalam chanel YouTube nya http://www.youtube.com/c/icebreakingpaksyabar dari beliau, semua yang menjadi warga WIT 2020, pada pamer YouTube-nya masing-masing. Tak mau ketinggalan pula sebagai senior dari warga WIT 2020, sayapun memamerkan chanel YouTube saya yang hanya 2 saja. Salah satunya adalah YouTube perdana saya, tentang aktivitas sebagai guru desa: http://youtu.be/AuXL8niVYpA

Tak kalah serunya ibu guru cantik generasi milenial ini pamer YouTube-nya membuat keripik tahu. Mari kita terbang menjumpai ibu guru cantik dengan nama Bu Lina Sekar Indah, beliau cantik sekali, saya suka melihat senyumnya. Dan ini alamat YouTube tentang Keripik Tahu beliau dengan judul di YouTubenya : “Resep kerupuk keripik tahu enak anti gagal”. https://www.youtube.com/watch?v=Cg5sfch1xY4

Ditengah serunya kami pamer YouTube masing-masing, kami dikejutkan dengan video bintang iklan Wardah Cosmetic Indonesia. Mbak Dewi Sandra hadir dengan kata motivasinya yang luar biasa, “Musuh Terbesar Ilmu adalah Ilusi bahwa Kita Berilmu”. Kata-kata ini sarat makna dan begitu berkesan di hati kami para guru Inspirasi Indonesia. Kami terdiam dan menyadari bahwa kami belum ada apa-apanya, dan kami harus terus belajar. Agar mampu menjadi guru yang di gugu dan di tiru oleh peserta didik kami.



Komentar

  1. Keren bundaaa... 😇😍 melengkapi tulisan part #1 saya tentang WIT'20. Perlu banyak belajar saya dengan Ibu... 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alliana keren juga, ayo menulis. Biar di kenang anak cucu kita kelak...

      Hapus
  2. Bunda... Keren sekali tulisannya... Layaklah bunda disebut penulis hebat😊👍

    BalasHapus
  3. Sebongkah noktah muncul dari ujung timur
    Mengisi ruang nurani
    Menambah bekal perjalanan di terjalnya semak berduri
    Menuju keabadian cerahnya lazuardi
    tuk dinikmati insan seantero bumi....

    Noktah itu ada di Bunda Lilis....
    memulihkan stamina kami

    Selamat dan Sukses....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

NGE-BLOG itu KEREN

HIKMAH DARI PLN PADAM