MENULIS ITU MUDAH

MENULIS ITU MUDAH

Menulis itu mudah judul di atas muncul begitu saja, ketika saya menemukan tulisan “25 Dahsyatnya Menulis” di Facebook Group Agupena NTT. Tulisan dari pengurus Agupena Jawa Tengah yang bernama Sawali, dan di kirim oleh ketua Agupena NTT, yang bernama Thomas Akaraya Sogen, S.Pd., MBA ini menginspirasi saya untuk menulis. Tulisan itu berisi 25 manfaat menulis bagi diri sendiri, adapun tulisan itu seperti ini ; 

25 Dahsyatnya Menulis  

  1. Bukan hanya sekadar menghasilkan tulisan yang mantap. Ini juga tentang mempermantap daya pikir kita.
  2. Dengan hanya menunggu inspirasi, Anda akan berhasil menemukan 1 inspirasi. Tapi dengan aktif mencari, Anda bisa mendapatkan ratusan inspirasi dalam satu hari. .
  3. Sebelum anda menjadi penulis yang ahli, terlebih dahulu anda harus menjadi pembaca yang ahli. .
  4. Ada banyak hal yang menunggu untuk ditulis. Dan di setiap langkah Anda, Anda melihat hal tersebut. .
  5. Rekamlah suara Anda selama satu minggu tanpa henti, kemudian degarlah, Anda akan segera tersadar bahwa banyak hal yang bisa Anda tulis. .
  6. Seorang penceramah akan menginspirasi orang-orang dalam ruangan. Seorang penulis mampu menginspirasi seluruh dunia di saat yang bersamaan dan berlangsung berabad-abad. .
  7. Buku adalah sahabat orang-orang berilmu. Saat mereka berdiskusi dengan bukunya, mereka diam-diam mengagumi dan mendoakan penulisnya. .
  8. Sebuah tulisan yang menggugah akan menjadi amal yang tak mampu Anda hitung jumlahnya. .
  9. Tulisan berkualitas ibarat virus yang terus berkembang di sekitar pembacanya. .
  10. Seorang penulis adalah pembicara yang mampu menembus ruang dan waktu. .
  11. Belajar menulis hampir sama dengan belajar berbicara. Awalnya kita berbicara dengan kaku, sekarang kita mampu berbicara dengan cepat dengan ide yang mengalir bebas. .
  12. Kunci keahlian menulis adalah mulai menulis. Dan kunci memulai menulis adalah menulis kalimat pertama. .
  13. Cukup tulis apa yang Anda pikirkan. Mengenai bagus tidaknya, Anda bisa memperbaiki di kemudian hari. .
  14. Selembar artikel yang Anda tulis hari ini bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa mendatang. .
  15. Buku selalu disanjung-sanjung oleh orang-orang berilmu. Itulah sebabnya penulis mampu mengubah dunia. .
  16. Tulisan yang Anda tulis hari ini akan menyemangati diri Anda yang sedang bersedih di masa depan. .
  17. Jutaan buku bisa tercipta hanya dari membahas sebuah topik sederhana terkait dengan ‘debu’. .
  18. Anda tak selamanya bisa berbicara, tak selamanya bisa bergerak membantu orang. Tapi tulisan yang Anda tulis akan selamanya mampu dimanfaatkan orang. .
  19. Di zaman teknologi, jutaan alasan baru untuk segera menulis tercipta. .
  20. Menulis akan menambah pengetahuan Anda dan juga menjaga ilmu Anda agar tidak hilang. .
  21. Anda tidak akan mampu menghitung jumlah orang yang Anda bantu melalui satu buku yang Anda tulis. .
  22. Kita mampu menjadi ilmuan meskipun tanpa sekolah, tapi tidak tanpa tulisan. 
  23. Jika hari ini Anda pintar menulis itu akan menjadi salah-satu kemampuan yang paling Anda syukuri di masa mendatang. 
  24. Di zaman dulu, kita tidak wajib untuk belajar .menulis, tapi di zaman modern ini, apakah ada alasan meyakinkan untuk tidak perlu pintar menulis? .
  25.  Menulis adalah mencipta. Dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan nafas hidupnya. 

Sawali (Ketua Agupena Jateng)


 

Setelah saya membaca tulisan ini di FB Agupena NTT, yang terhubung lewat modem ke dalam laptop saya hasil juara kedua tingkat nasional dalam lomba guru inspirasi My Teacher My Hero Award Indonesia Digital Learning Tahun 2015. Langsung saya copi paste di microsoft office word 2007 yang tersedia dalam laptop lenovo hadiah lomba yang di adakan oleh Telkom dan Intel Prosessor itu. 

 Tulisan diatas benar-benar seperti aslinya saya copi paste tanpa saya revisi, dan saya atur lagi. Saya menambah di bagian atas sebagai pengantar dan pada bagian bawah menjelaskan makna yang ada pada tulisan tersebut. Jika anda membaca dengan seksama 25 Dahsyatnya menulis, anda akan benar-benar terinspirasi untuk segera menulis, banyak makna dalam 25 Dahsyatnya menulis itu jika kita cerna satu persatu. 

Sebagai penulis pemula, dan telah menghadirkan 5 buku solo karier, dan buku antologi bersama guru-guru se Indonesia. Terakhir saya dapat membuat wadah KELAS WAG MBI (Kelas WhasAap Group Menulis Buku Inspirasi), maka tulisan ini sangat bermanfaat untuk para peserta kuliah online yang saya gagas tersebut. 

Ada suatu kebahagiaan yang luar biasa dalam diri saya, ketika terkumpul 11 judul untuk siap cetak buku ke penerbit. Rasa yang tak bisa saya lukiskan dengan kata-kata lagi, betapa sedikit ilmu yang saya miliki telah saya bagi bersama secara kolaborasi dengan sahabat literasi se Indonesia. 

Terima kasih kepada Bapak Thomas, Bapak Taufiq Hidayat, Bapak Nengah, Pak Sahat, dan Pak Eko, yang telah dengan ikhlas hati membimbing kami semua untuk belajar bersama dalam KELAS WAG MBI milik kita. Yuuuk mulai menulis, ternyata menulis itu mudah. 

Salam Inspirasi 

Ibu Guru Cantik Guru Inspirsai NTT 

Bunda Lilis Sutikno

Komentar

  1. Terimakasih bunda.. Semoga waktu yang ada terus kita manfaatkan u menghasilkan karya-karya tulisan yang menginspirasi orang lain... Terimakasih juga buat bunda yang selalu menginspirasi kami semua... Semangat.. Semangat.. Semangat

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bunda senantiasa menginspirasi kami untuk terus berkarya dengan tulisan dan senang berbagi ilmu serta pengalaman yang kami punya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

NGE-BLOG itu KEREN

HIKMAH DARI PLN PADAM