BUKU INSPIRASI JILID 2

 

MENULIS ITU MUDAH

Lilis Ika Herpianti Sutikno

 

 


 Sertifikat sebagai penulis buku :

 

 

“Menulis itu mudah, bahkan sangat mudah. Bagi saya menulis semudah ceplok telor

 

  * * *

 

Buku Solo Karier Pertama, Cetakan kedua yang sudah menjadi Buku Best Seller Nusantara

 


 

Judul di atas muncul begitu saja. Ya, menulis itu memang mudah, bahkan sangat mudah, ketika saya menemukan tulisan “25 Dahsyatnya Menulis” di Facebook Group Agupena NTT. Tulisan dari pengurus Agupena Jawa Tengah yang bernama Sawali, dan di kirim oleh ketua Agupena NTT, yang bernama Thomas Akaraya Sogen, S.Pd., MBA ini menginspirasi saya untuk menulis. Tulisan itu berisi 25 manfaat menulis bagi diri sendiri, adapun tulisan itu seperti ini ;

 

25 Dahsyatnya Menulis

1.    Bukan hanya sekadar menghasilkan tulisan yang mantap. Ini juga tentang mempermantap daya pikir kita.


2.    Dengan hanya menunggu inspirasi, Anda akan berhasil menemukan 1 inspirasi. Tapi dengan    aktif mencari, Anda bisa mendapatkan ratusan inspirasi dalam satu hari.

3.    Sebelum anda menjadi penulis yang ahli, terlebih dahulu anda harus menjadi pembaca yang ahli.

4.    Ada banyak hal yang menunggu untuk ditulis. Dan di setiap langkah Anda, Anda melihat hal tersebut.

5.    Rekamlah suara Anda selama satu minggu tanpa henti, kemudian degarlah, Anda akan segera tersadar bahwa banyak hal yang bisa Anda tulis.

6.    Seorang penceramah akan menginspirasi orang-orang dalam ruangan. Seorang penulis mampu menginspirasi seluruh dunia di saat yang bersamaan dan berlangsung berabad- abad.

7.    Buku adalah sahabat orang-orang berilmu. Saat mereka berdiskusi dengan bukunya, Mereka diam-diam mengagumi dan mendoakan penulisnya.

8.    Sebuah tulisan yang menggugah akan menjadi amal yang tak mampu Anda hitung jumlahnya.

9.    Tulisan berkualitas ibarat virus yang terus berkembang di sekitar pembacanya.

10. Seorang penulis adalah pembicara yang mampu menembus ruang dan waktu.

11. Belajar menulis hampir sama dengan belajar berbicara. Awalnya kita berbicara dengan kaku, sekarang kita mampu berbicara dengan cepat dengan ide yang mengalir bebas.

12.  Kunci keahlian menulis adalah mulai menulis. Dan kunci memulai menulis adalah menulis kalimat pertama.

13. Cukup tulis apa yang Anda pikirkan. Mengenai bagus tidaknya, Anda bisa memperbaiki di kemudian hari.

14. Selembar artikel yang Anda tulis hari ini bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa mendatang.

15. Buku selalu disanjung-sanjung oleh orang-orang berilmu. Itulah sebabnya penulis mampu mengubah dunia.

16. Tulisan yang Anda tulis hari ini akan menyemangati diri Anda yang sedang bersedih di masa depan.

17. Jutaan buku bisa tercipta hanya dari membahas sebuah topik sederhana terkait dengan ‘debu.’

18. Anda tak selamanya bisa berbicara, tak selamanya bisa bergerak membantu orang. Tapi tulisan yang Anda tulis akan selamanya mampu dimanfaatkan orang.

19. Di zaman teknologi, jutaan alasan baru untuk segera menulis tercipta.

20. Menulis akan menambah pengetahuan Anda dan juga menjaga ilmu Anda agar tidak hilang.

21. Anda tidak akan mampu menghitung jumlah orang yang Anda bantu melalui satu buku yang Anda tulis.

22. Kita mampu menjadi ilmuan meskipun tanpa sekolah, tapi tidak tanpa tulisan.

23. Jika hari ini Anda pintar menulis itu akan menjadi salah-satu kemampuan yang paling Anda syukuri di masa mendatang.

24. Di zaman dulu, kita tidak wajib untuk belajar menulis, tapi di zaman modern ini, apakah  ada alasan meyakinkan untuk tidak perlu pintar menulis?

25. Menulis adalah mencipta. Dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan  nafas hidupnya.

            Sawali (Ketua Agupena Jateng)

 

 

Buku Antologi Bersama 36 Guru Se Indonesia, karya saya abadi disini.

 

Setelah saya membaca tulisan di atas dalam FB Agupena NTT, yang terhubung lewat modem ke dalam laptop saya hasil juara kedua tingkat nasional dalam lomba guru inspirasi My Teacher My Hero Award Indonesia Digital Learning tahun 2015. Langsung saya copy paste di Microsoft Office Word 2007 yang tersedia dalam laptop Lenovo hadiah lomba yang di adakan oleh Telkom dan Intel Prosessor itu.

Tulisan di atas benar-benar seperti aslinya saya copy paste tanpa saya revisi, dan saya atur lagi. Saya menambah di bagian atas sebagai pengantar dan pada bagian bawah menjelaskan makna yang ada pada tulisan tersebut. Jika anda membaca dengan saksama 25 Dahsyatnya Menulis, Anda akan benar-benar terinspirasi untuk segera menulis, banyak makna dalam 25 Dahsyatnya Menulis itu jika kita cerna satu persatu.

Sebagai penulis pemula, dan telah menghadirkan buku solo karier dan berhasil menjadi buku best seller Nusantara, serta buku antologi bersama guru-guru se-Indonesia. Terakhir saya dapat membuat wadah KELAS WAG MBI (Kelas WhatsApp Group Menulis Buku Inspirasi), maka tulisan ini sangat bermanfaat untuk para peserta kuliah daring yang saya gagas tersebut.

Ada suatu kebahagiaan yang luar biasa dalam diri saya, ketika terkumpul 11 judul untuk siap cetak buku ke penerbit. Rasa yang tak bisa saya lukiskan dengan kata-kata lagi, betapa sedikit ilmu yang saya miliki telah saya bagi bersama secara kolaborasi dengan sahabat literasi se-Indonesia.

Terima kasih kepada Bapak Thomas Akaraya Sogen, Bapak Taufiq Hidayat, Bapak I Nengah Suradya, Bapak Sahat Serasi Naibaho, dan Bapak Eko Daryono, yang telah dengan ikhlas hati membimbing kami semua untuk belajar bersama dalam KELAS WAG MBI milik kita bersama.

… Menulis semudah ceplok telor. Menulis membuat kita kecanduan …

Yuuuk mulai menulis, ternyata menulis itu mudah, bahkan sangat mudah. Bagi saya menulis semudah ceplok telor. Menulis membuat kita kecanduan, seperti morfin, daya sensasi menulis itu luar biasa indah. Anda mau mencoba sensasi menulis yang membuat diri Anda merasa kecanduan? Mulailah menulis hari ini juga!

 

Salam Inspirasi

Ibu Guru Cantik

Guru Inspirsai NTT

Bunda Lilis Sutikno

           

 


 

Profil Penulis


Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH sewaktu kecil biasa disapa Mbak Pipin anak pertama dari pasangan almarhum Bapak Kaimin Herly Sutikno, BA (Ketua Yayasan Pendidikan dan Kepala Sekolah Dasar “YP. Kesuma” Surabaya), dan Ibu bernama Sukijah (Kepala Taman Kanak Kanak “YP. Kesuma” Surabaya). Memiliki hobi membaca, menulis, traveling, dan berenang. Lahir di Surbaya, 11 Maret 1969. Pendidikan terakhir IKIP PGRI Surabaya dan Universitas Wijaya Putra Surabaya. Berprofesi sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMPN 2 Nekamese, Desa Besmarak, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur

 

Instuktur Provinsi NTT Mata Pelajaran PPKn Jenjang SMP Kurikulum 2013, Narasumber Literasi daerah perbatasan, Narasumber Literasi tingkat Nasional bersama PGRI Pusat (Dalam kelas belajar menulis Blog bersama Om Jay, Blogger Ternama Indonesia). Peraih Juara Kategori kedua tingkat Nasional Lomba guru bersama Telkom dan Intel Prosessor “My Teacher My Hero Award Indonesia Digital Learning Tahun 2015”. Penggiat literasi Nusantara, dan Motivator menulis buku.

Mulai serius menekuni dunia menulis sejak bergabung dengan Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) Wilayah Nusa Tenggara Timur, sejak berdirinya di NTT pada tanggal 14 Desember 2014 sebagai pendiri dan menjadi pengurus inti.

Penulis artikel pada majalah :

Ø FORWAS (Majalah Forum Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional), Forum Pengawasan Nomor 26/XII/2007, dengan judul “Peran Guru Sebagai Organisator & Administrator.” Pada halaman : 24, 25, dan 26.

Penulis Karya Tulis Ilmiah pada Prosiding :

1.    Karya tulis yang berbentuk makalah ilmiah yang di seminarkan tingkat nasional, di Universitas Negeri Malang pada tanggal : 9 Oktober 2010, dimuat & diterbitkan pada PROSIDING, dengan ISBN : 978-602-97895-0-8, dengan Judul : “Pendukung dan Kendala dalam Menyelenggarakan Lesson Study di Kabupaten Flores Timur.” di muat pada Makalah Umum.

2.    Karya tulis berbentuk makalah ilmiah populer yang di seminarkan tingkat nasional, di Universitas Negeri Malang pada tanggal : 12 November 2011, karya tulis ilmiah diterbitkan pada PROSIDING SEMINAR NASIONAL LESSON STUDY IV, dengan ISBN : 978-602-97895-5-3, dengan judul : “Peran Lesson Study dalam meningkatkan profesionalisme pendidik dan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Nekamese, Kabupaten Kupang.” di muat pada Makalah Umum.

Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Jurnal Ilmiah PEN@ GURU Agupena NTT :

1.    Nomor 08 Tahun V, edisi khusus Hari Guru Tahun 2019, dengan judul Best Practise: “Membangun Budaya Menulis Guru Sasaran PPKn Melalui Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi di Kabupaten Kupang”

2.    Nomor 12 Tahun VI, edisi khusus Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, dengan judul Best Practise : “Facebook sebagai kelas bagi peserta didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Nekamese Kabupaten Kupang”

3.    Nomor 14 Tahun VI, edisi khusus Hari Kemerdekaan RI Tahun 2020, dengan judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK): “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Peraturan Perundang-undangan untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Nekamese”.

 

Penulis buku tunggal :

1.    GURU adalah INSPIRASI serial “Pelita Kampung Beta Jejak Juang Guru Desa di NTT” dan menjadi buku Best Seller Nusantara.

2.    Melejitkan Berpikir Tingkat Tinggi PPKn Melalui Discovery Learning.

3.    GURU adalah INSPIRASI serial “Menulis Blog itu Keren”

 

Penulis buku Antologi :

1.    Ukir Prestasi Tebar Inspirasi, Surakarta, Jawa Tengah (27 September 2020)

2.    Secercah Harapan dalam Keterbatasan, Sukoharjo, Jawa Tengah (6 Oktober 2020)

3.    Pahlawan Dalam Hidupku, Solo, Jawa Tengah ( Oktober 2020)

Editor Buku :

1.    Antologi Puisi “Cinta Tergerai” Karya Bergita Kapa, S.Pd

2.    Antologi Puisi “Mimpi dan Cita-citaku” Karya Maria Stefania Tanggela

3.    Antologi Puisi “Beringin Tua” Karya bersama peserta didik SMP Katholik Tunas Harapan Santo Petrus Lahurus Atambua Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

4.    Antologi Puisi “Celotehan Hati Terselatan Indonesia” Karya Agus Hartatik, S.S., M.Pd

5.    Antologi Puisi “Mengungkap Nuansa Makna Lewat Goresan Puisi” Karya Maksuddin, S.Pd., M.Hum

6.    Antologi Puisi “Coretan Pena Sang Musafir” Karya Suster Modesta Abuk Manek, SSpS., S.Pd

7.    Antologi Puisi “Generasi Melineal to Generasi Covid-19” Karya bersama Dra. Rukmini Dwi Wanti, Prof. Pujiati, M.Soc. Sc., Ph.D, Suster Modesta Abuk Manek, SSpS., S.Pd

 

Blog : www.guruinspirasintt.com ,

Facebook : Lilis Sutikno (Mbak Pipin) ,

Alamat email : ibugurucantik@yahoo.com            

                             lilissutikno69@gmail.com

Dapat dihubungi pada nomor HP/WA : 082 226 376 157


 

Komentar

  1. Bangga punya sahabat dengan deretan panjang prestasinya di bidang pendidikan dan literasi. Jangan pernah lelah berkarya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

NGE-BLOG itu KEREN