TENTANG ALOR (PULAU KENARI)

 

TENTANG ALOR (PULAU KENARI) 

Mengenang masa kecil Kak Hajar di Pulau Alor, tulisan ini ada di sini.


Minggu pertama liburan sekolah yang sedianya saya niatkan untuk pulang ke Surabaya, setelah 2 tahun tak pulang menjenguk Ibu yang sebatang kara di rumah. Menjadi banyak warna dalam hari-hariku di rumah saja. Berita kakak Hajar sakit parah lalu berpulang menuju hari keabadiannya serta meninggalkan kami semua, cukup menguras emosiku. Rasa tak percaya, rasa kecewa, rasa sejuta rasa yang tak dapat saya ungkapkan disini. 

 

Kak Hajar dengan seragam ASN Kab. Kupang - NTT
 

Saya begitu kehilangan sosok kakak, sahabat, Ibu, dan saudara yang luar biasa. Kesederhanaan dan kesabaran dalam menjalani takdir Allah atas dirinya, membuat saya benar-benar kehilangan yang begitu dalam. Tauladan tentang sikapnya menjalani hidup dengan rasa ikhlas yang luar biasa beliau tautkan dalam halaman facebook-nya. Seperti itulah kepribadian kakak Hajar yang luar biasa hebat di hati saya.

                                                        Halaman FB Kak Siti Hajar Dahlan

Jadwal mengajar online Belajar Menulis Pasti Menjadi Buku Ber-ISBN sesuai jadwal harus tergeser dan minta tolong dibatalkan. Ada yang bisa tetap dijalankan sesuai jadwal yang ada, hanya diundur waktunya agak malam. Liburan ini karena Corona Varian Delta yang datang dari India membawa bencana dimana-mana menjadikan acara liburan batal.

Bersamaan pembatalan ke Surabaya, ada banyak tawaran menjadi Narasumber Belajar Menulis Buku Ber-ISBN. Juga permintaan membuat buku Ber-ISBN dari sahabat guru se-Indonesia. Dengan Quote Menulis Semudah Ceplok Telur. Saya harus benar-benar memberikan kepercayaan diri kepada penulis pemula bahwa menulis itu mudah, bahkan sangat mudah. Seperti kita hendak makan telur dadar, kita cukup ceplok telur di atas wajan “Tuk Byaarr”. Seketika itu telur telah siap kita santap untuk menemani nasi dalam piring kita.

Dari kegiatan narasumber keliling Indonesia melalui pembelajaran online. Banyak guru yang mempercayakan tulisannya untuk saya sajikan dalam buku ber-ISBN. Salah satu buku yang menemui takdirnya dan dalam masa liburan ini adalah buku sahabat Wardah Inspiring Teacher 2020 (Ibu Mulyani dari Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat). Alhamdulillah buku itu akhirnya terbit dengan kata sambutan Bunda Literasi istri Bupati Sanggau.

                                            Alhamdulillah..., akhirnya cover ini selesai setelah 5X revisi

Tadi malam, Minggu 04 Juli 2021 adalah malam ketiga kami tahlil membaca doa kepada Kakak Hajar. Saya mendapatkan supraise yang luar biasa dari sahabat literasi Ibu Lilyanti Idris dari Alor Pulau Kenari datang berkunjung ke rumah. Sungguh indah mendapatkan kunjungan dari sahabat literasi saya yang pandai menulis puisi dan cerita pendek. Pertemuan yang begitu indah menghadirkan kesepakatan untuk menulis buku solo karier. Semoga di segerakan dan dilancarkan, aamiin . . .

Ibu Lilyanti Idris pulang dari rumah ketika 10 menit lagi saya harus mengajar online belajar menulis pasti menjadi buku ber-ISBN kepada komunitas Penulis Surabaya. Jadwal belajar mereka pukul 19.00 WIB (Waktu di Kupang - NTT 20.00 WITA). Komunitas ini adalah penulis cilik putri dari Dosen UNESA Surabaya. Barakallah  . . .

Alfatehah khususan Kakak Siti Hajar Dahlan Binti Haji Dahlan Nana Bilang
 

                                                      


Komentar

  1. Alhamdulillah Bunda, semoga ukhwah kita tetap terjaga dan terpelihara selamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kita bisa saling silaturahmi bu. Buku solo kariernya di tunggu ya buu

      Hapus
  2. Masyallah, blog nya keren sekali bundaaa ..
    Talitha - Peserta Penulis Surabaya

    BalasHapus
  3. Wahhh kerenn sekali blognya bundaa lilis..
    Chiara - peserta penulis Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kereen sekali. Ayo mana tulisannya. Bagikan dalam kelas yaa

      Hapus
  4. Waahh keren sekali bunda blog nyaa...
    Kaylica - peserta penulis Surabaya



    BalasHapus
    Balasan
    1. Kay terima kasih yaa... semua tulisannya di simpan dalam blog sayang. Hari ini Kak Nova akan seleksi tulisan yang akan masuk dalam blog

      Hapus
  5. Blog nya sangat keren dan menginspirasi bundaa👏🏻 Rayya - Peserta Penulis Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rayya, semangat ya sayang... Hari ini kita akan seleksi tulisan yang akan masuk buku kita nanti

      Hapus
  6. Blog nya keren bundaa 👏🏻👏🏻
    Nasywa - Peserta Penulis Surabaya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

NGE-BLOG itu KEREN

HIKMAH DARI PLN PADAM