KATA SAMBUTAN BUKU PESAN GURU LINTAS ABAD

 





KATA SAMBUTAN

Ketua IKAL TAPLAI Lemhanas Republik Indonesia

 


            Guru adalah profesi yang mulia. Berkat kerja keras nan iklas, pengabdian guru dapat melahirkan orang-orang hebat dengan beragam profesi.  Benarlah ungkapan bijak yang mengatakan bahwa, Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat.”

            Di dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam melakukan tugasnya guru diharapkan berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, inovator (pembaharu), model (teladan), peneliti, pendorong kreatifitas, penilai bahkan menjadi seorang inspirator (sumber inspirasi) bagi anak didiknya.        

            Pengertian guru tidak hanya sebagai sosok yang berprofesi pada institusi formal (PAUD, SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi), tetapi termasuk pula tokoh sebagai guru nonformal yang berada dan tinggal bersama-sama dengan kita dalam keluarga. Ayah, ibu atau tokoh lain yang telah memberikan kontribusi dalam perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang kita miliki saat ini. Pantaslah peran guru mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya. Karena kerja keras dan pengabdian guru, kita dapat mewujudkan cita-cita dan mencapai keadaan saat ini.

            Buku antologi “Terima Kasih Guruku” ini melukiskan ungkapan terima kasih dari para penulis yang dipersembahkan kepada gurunya masing-masing. Guru yang telah mendidik dengan sepenuh hati, guru yang menjadi sumber inspirasi, bahkan guru yang menjadi penggerak sayap untuk bisa terbang tinggi ke angkasa. Saat membaca buku ini, kita akan terbawa ke dalam suasana mengingat kembali sosok-sosok luar biasa yang dengan penuh kasih sayang telah menuntun, mengarahkan, dan membentuk kita menjadi orang-orang seperti saat ini. Terima Kasih Guruku.

            Selamat kepada para penulis yang telah bekerja keras sehingga menghasilkan karya ini. Secara khusus, saya sampaikan salut kepada sahabatku Bunda Lilis Sutikno yang tiada letih terus menggemakan dunia literasi melalui kelas WhatsApp Group Menulis Buku Inspirasi (WAG MBI) bersama dengan AGUPENA NTT yang telah melahirkan karya-karya luar biasa. Semoga kelas ini tetap eksis, penuh semangat, sehingga terus melahirkan karya-karya yang selalu menginspirasi para penikmat buku Nusantara dan meningkatkan literasi Anak Bangsa.

 

Surabaya, Oktober 2021

Ir. Wahyudi Citrosiswoyo, M.Sc., Ph.D.

Staf Pengajar Departemen Teknik Kelautan,

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Ketua IKAL TAPLAI Lemhanas Angkatan II 2021


Terima kasih kepada Bapak Wahyudi Citrosiswoyo untuk dukungannya kepada kami para penulis pemula yang tergabung dalam KELAS WAG MBI. Kiranya buku ini menjadi pemantik mimpi bagi para insan yang ingin belajar menulis pasti menjadi buku. 

Buku sudah jadi dan dalam perjalanan menuju kota Kupang - NTT kami akan segera kirimkan buku ini kepada Bapak dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kupang 01 Januari 2022





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

Misteri Seorang Ibu