EDITOR BUKU WIT 2021

 PENGANTAR EDITOR BUKU

MENJADI GURU INSPIRATIF MEMBERI INSPIRASI UNTUK NEGERI



“Assalammu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh”

            Alhamdulillahi Robil’alamin, bahagia rasa hati saya dengan hadirnya buku “Menjadi Guru Inspiratif, Memberi Inspirasi Untuk Negeri”. Buku Antologi Kisah Inspiratif Wardah Inspiring Teacher tahun 2021 ini hadir lagi setelah tahun 2020 para pesertanya berhasil membuka pintu untuk mengabadikan dalam sebuah buku ber-ISBN mengukir kisah inspirasi dalam kegiatan Wardah Inspiring Teacher (WIT) tahun 2020.

Rasa bangga bisa membersamai peserta WIT 2021, dan mengajak para pesertanya untuk berkolaborasi menuliskan kisah inspirasinya selama mengikuti kegiatan. Buku yang bercerita tentang kisah inspirasi dari para peserta kegiatan ini banyak pelajaran berharga kepada para guru khususnya.

Setiap kisahnya memberikan inspirasi dan semangat yang membara pada setiap pembacanya. Salah satu kisah yang patut untuk kita teladani dari buku ini adalah kisah Pak Sahat pada tulisan pertama buku ini. Dengan judul, Meniti Jalan Menjadi Guru Inspiratif. Di kisahkan dalam cerita tersebut: “Walau jauh dari kota Pak Gurdes (Pak Guru Desa) selalu berusaha untuk melengkapi diri dengan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan di daerahnya bertugas. Bahkan ketika pandemi melanda, dia pun berinisiatif untuk mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan secara daring. “Mengajar boleh di desa tertinggal, tetapi kemampuan tidak boleh tertinggal  dari guru-guru di kota”, itulah prinsip yang mendasari Pak Gurdes untuk tetap semangat dalam memperlengkapi diri”.

Nilai-nilai keteladanan dalam hidup yang dituliskan dalam kisah ini dirangkai dengan penuh perjuangan di sela-sela kesibukan peserta sebagai pengajar (guru) dalam unit kerjanya masing-masing masih bisa belajar dan berkompetisi hingga maju ke TPN (Temu Pendidik Nasional).

Tulisan dalam buku ini menggambarkan kisah perjuangan yang penuh inspirasi dari seluruh penulis yang juga peserta WIT 2021. Dengan ilmu yang masing-masing miliki sebagai teladan bagi pembaca untuk bisa melakukan hal baik dalam praktek mengajar di kelas.

Dengan kecerdasan para peserta dan kesabaran serta rasa ikhlas yang luar biasa dalam merangkai kata hingga menjadi kalimat demi kalimat, tersaji secara baik dalam buku ini. Menjadikan buku ini layak untuk dibaca oleh siapapun juga sebagai bahan bacaan inspirasi yang penuh motivasi.

            Akhirnya, saya Lilis Ika Herpianti Sutikno, peserta WIT 2020 selaku penggagas ide menulis kisah inspirasi pada kegiatan Wardah Inspiring Teacher dari PT Paragon Technology and Innovation sejak tahun 2020, sekaligus editor buku ini. Menyampaikan selamat kepada para peserta WIT 2021 yang telah berhasil menuliskan kisahnya dalam buku ini.

Teruslah menulis untuk memberikan inspirasi dalam segala hal. Tak ada gading yang tak retak. Penulis buku ini telah berusaha sekuat tenaga memberikan berbagai sentuhan rasa, namun semua tidak ada yang sempurna. Karya yang baik membutuhkan proses dan semoga dengan proses itu penulis bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi dan sempurna.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

 

Kupang, 19 Januari 2022

Lilis Ika Herpianti Sutikno


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

MENULIS BUKU SEMUDAH MEMBUAT CEPLOK TELUR

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN