OPEN CEREMONY KBMN GELOMBANG 28 PGRI PUSAT

 

MENULIS SEMUDAH CEPLOK TELUR


Sabtu, 7 Januari 2023 tepat pukul 20.00 Wita di Wilayah Indonesia bagian Timur ini, saya ikuti dari kamar kerjaku di pesisir pantai Namosain. Dengan cuaca hujan angin yang silih berganti akhir-akhir ini. Berharap saya bisa masuk ikut zoom seperti arahan adik-adik guru super keren se-Indonesa. Dengan informasi sebelumnya sebagai berikut:

Assalamualaikum warahmatullah...

Para penulis hebat dan calon peserta KBMN (Kegiatan Belajar Menulis Nusantara) gelombang 28.

Insya Allah kita akan menyelenggarakan Opening Ceremony Kelas belajar menulis Nusantara  gel. 28 melalui zoom pada:

Hari Sabtu, Tanggal 07 Januari 2023.

Pukul 19.00 WIB  s.d selesai.

Acara akan dibuka oleh:

ibu  Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.

 Plt. Dirjen GTK Kemdikbud ristek.

Bapak Catur Nurrohman Oktavian, M.Pd.

 Ketua Asosiasi Penulis Guru PB PGRI

Dr Wijaya Kusumah, M.Pd sebagai founder,

dan tim Solid Om Jay

Dimohon dengan hormat, para peserta menghadiri opening ceremony dan menggunakan flyer berikut sebagai backdrop zoom.

Adapun link zoom akan dishare menyusul.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum wr. wb

Salam Literasi

 

            Pengumuman tersebut masuk group WhatsApp KBMN sejak beberapa hari yang lalu. Kita seakan diingatkan secara terus menerus oleh panitia (mereka adalah anak muda dan guru muda yang dulu pernah bergabung pada KBMN dari gelombang 1 s.d 27) rasa bangga luar biasa bisa menyaksikan mereka tumbuh dan berkembang dalam dunia menulis Indonesia.

            Tak jarang terbersit rasa iri dalam hati yang luar biasa kepada kecerdasan dan keterampilan menulis digital mereka. Hal ini saya anggap positif bahwa rasa iri dalam hati saya untuk hal yang positif. Rasa iri dalam hati itulah yang membuat saya terus belajar, dan memacu ketrampilan saya dalam berliterasi bersama mereka.

            Tepat hari Sabtu, 7 Januari 2023. Waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Bahagia rasa hatiku bisa gabung bersama mereka lagi dalam posisi sebagai peserta KBMN gelombang 28. Yaa.. aku kini mahasiswa baru dalam kelas KBMN yang di nahkodai oleh Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd.

            Setiap kejadian sudah dirancang Allah sedemikian rupa, dan indah bagi setiap umatnya. Saya bersyukur malam ini bisa bergabung dengan KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) Gelombang 28 bersama PGRI Pusat.

Kali ini saya tidak mendapatkan jatah sebagai narasumber. Bersyukur Pak Eko Daryono guru TIK salah satu SMP Negeri di Surakarta Jawa Tengah, sahabat baik, juga editor buku saya “Diklat Calon Kepala Sekolah”, masuk menjadi narasumber.

Harga Rp. 75.000,- saja
Bisa menghubungi Bunda Lilis Sutikno via WhastApp: 0822-2637-6157

            Kesempatan emas bagi saya untuk menjadi peserta dan dapat menulis buku ber-ISBN serta mendapatkan sertifikat menulis. Kereeeen... ini sangat membahagiakan hati saya, semoga saya bisa lulus dan menerbitkan buku ber-ISBN juga mendapatkan sertifikat peserta.

Menurut pengawas bahasa Inggris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang Bapak Thomas Akaraya Sogen, S.Pd., MBA. Beliau juga Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru pada lingkup kerja Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Pendidikan terakhir beliau Magister Manajemen Universitas Gajah Mada Yogyakarta jurusan Kepengawasan Pendidikan. Angka kredit pada suatu kegiatan pelatihan besar nilainya sebagai peserta daripada narasumber!. Nah lhooo???....

Alumnus Magister Manajemen Universitsa Gadjah Mada Jurusan Kepengawasan Pendidikan yang kini telah menapaki pangkat IV/d dalam Diklat GEMA (Gerakan Menulis Mulia AGUPENA) secara daring dengan materi: “Menulis Antara POINT dan KOIN”, menjelaskan,  “Peserta kegiatan diklat minimal 30 jam, mendapatkan angka kredit 1. Sementara menjadi narasumber angka kredit per jam efektif mengajar hanya 0,020 saja". Jadi pasti lebih kecil doong?. He he he...

Apapun itu saya tak mempermasalahkannya. Bagi saya bisa menulis saja sudah bahagia yang luar biasa. Rasa bahagia saya tak terkirakan, sebab saya bisa menjadi peserta dan memulai dari NOL. Memulai dari awal pembukaan, dan belajar lagi bersama para motivator hebat menulis Indonesia, serta belajar lagi dari para pemula. Jangan kaget ya, peserta pemula KBMN itu orang-orang hebat lho dalam kehidupan sehari-harinya.

            Salah satu contohnya Ibu Umatun Nur Islamiyati dari kabupaten Magetan, beliau anak dan juga cucu dari kyai terkenal serta sangat disegani di kotanya. Bersyukur saya bisa berkenalan dengan pengawas agama Islam pada Departemen Agama Kabupaten Magetan Jawa Tengah. Yang saat ini sama-sama saya belajar menulis di KBMN Gelombang 28 bersama PGRI Pusat.

            Silaturahmi saya dengan beliau, hanya melalui facebook saja, dan berlanjut ke WhatsApp. Hingga bersahabat erat dan saya motivasi hingga beliau kini memiliki 3 buku antologi. Ini suatu perkembangan yang luar biasa. Saya paksa beliau masuk ke tingkat nasional di kelas KBMN gelombang 28 ini!. Saya paksa juga harus membuat blog dan harus di isi kegiatan malam ini. Apapun hasilnya saya bangga pada pencapain beliau membuat blog di hari pertama, dengan alamat blognya, https://umatun.blogspot.com/2023/01/ini-sabtu-7-januari-2022mulai-pukul-19.html

             Malam ini, panitia membagikan informasi aula kampus kami. Aula zoom meeting, he he he... untuk kami pertemuan akbar se-Indonesia. Rasa bahagia selalu menyertai setiap gerak langkah saya menulis buku ini. Undangan zoom dikirim melalui WhatsApp group KBMN gelombang 28, sebagai berikut:

Kelas Belajar Menulis Nusantara is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

 

Topic: Opening Ceremony Kelas Belajar Menulis Nusantara

Time: Sabtu, 7 Januari 2023 pukul 19:00 WIB

 

Join Zoom Meeting

https://zoom.us/j/93610744597?pwd=T0F1YllXeTIvdlVPNU05b1dVd2NpUT09

 

Meeting ID: 936 1074 4597

Passcode: PGRI

 

            Bertahun-tahun sejak KBMN berdiri dari gelombang 1 hingga gelombang 27 saya selalu menjadi narasumber. Ini salah satu bukti saya menjadi narasumber pada kegiatan yang sama pada gelombang ke-27, bersama ibu Widya AREMA (Arek Malang) asli yang menjadi moderatornya.



Karena flyer ini, saya bersahabat rasa saudara dekat dengan beliau. Rasanya kalau menulis buku tidak bersama Bu Widya, ada yang hilang dari jiwa saya sebagai seorang penulis. Maka setiap ada kegiatan menulis pada kelas saya KELAS WAG MBI (Kelas WhatsApp Group Menulis Buku Inspirasi) atau Kelas GEMA (Gerakan Menulis Mulia Agupena) selalu saya japri beliau membantu saya menjadi narasumber juga menuliskan endorsement buku pada para pesertanya.

Kebahagiaan yang lainnya adalah saya memiliki banyak sahabat menulis yang beraneka macam. Saat ini bersamaan dengan terbitnya buku ini, saya sedang menggarap buku politik dan tokoh politik Bapak Anies Rasyid Baswedan. Bagiku menulis itu semudah ceplok telur. Jadi apapun yang saya suka, akan saya tulis dan bukukan.

Apapun yang aku suka dan tak suka aku bebas berekpresi dan menuangkan segala isi kepala saya dalam tulisan saya. Ha ha ha . . . Jika aku terpuruk pada suatu keadaanpun saya bebas menuliskannya sesuai dengan isi hati nurani saya sebagai insan yang tak berdaya.

Alhamdulillah... Ucap syukur kepada Allah, atas berkah hobi menulis ini. Kini saya memiliki Penerbitan Buku sendiri sesuai dengan passion diri saya sebagai narasumber yang dikenal banyak orang dengan “Menulis Semudah Ceplok Telur”. Logonya juga bertuliskan CV. BUMI CENDANA “Menerbitkan Buku Semudah Ceplok Telur”. Ha ha ha . . .


 

Alamat Penerbit: Jalan Ikan Kombong Nomor 9, RT. 34/RW. 06, Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak, kota Kupang Nusa Tenggara Timur (Kode Pos: 85224). Kontak Person: 0823-1263-0864


Buku ini, jelas akan saya terbitkan sendiri menggunakan perusahaan suami. Akan berisi 30 resume saya belajar menulis bersama Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28 PGRI Pusat. Harapan saya, siapapun dapat mengambil hikmah dari buku saya ini.

Terima kasih para guru saya yang telah melatih, mengajar, dan mendidik saya menjadi penulis yang bermartabat tanpa merendahkan siapapun juga. Teristimewa Om Jay, sapaan keren dari pendiri Kelas Belajar Menulis Nusantara Bapak Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd.

Malam ini pesan maha guru kami, Om Jay adalah: “Tulislah dari apa yang engkau sukai dan kuasai”. Mantap benar pesan beliau malam ini dalam group WhatsApp KBMN gelombang 28 yang berjumlah seribu orang!. Kereeen...

 

Pojok kamar kerjaku, pesisir pantai Namosain

Sabtu, 07 Januari 2023

Pukul: 01.35 Wita

 

Komentar

  1. Sangat bagus bunda saya, blm bisa seperti ini 😃😃😃

    BalasHapus
  2. Luar biasa Bunda. Terima kasih berkat Bunda sy dipercaya jadi narsum

    BalasHapus
  3. Masyaallah bunda, salah satu inspirasi saya. Terimakasih atas kepercayaannya. Good job bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami Bu Widya, kepakkan sayap lebih lebar lagi. Terbanglah lebih tinggi lagi. Ibu pasti bisa!!!

      Hapus
  4. Keren bu... semoga lancar dan sukses menulisnya juga percetakannya. Aamin

    BalasHapus
  5. Ibu guru cantik inspiratif kami. Senang sekali bisa membaca tulisan yang penuh inspiratif ini

    BalasHapus
  6. Saya suka .Tulisan yang berisi sejuta pesan. Teruslah menulis dan menebar kebaikan. Terbayang pesisir.pantai yang belum.sempat saya singgahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu dayung dua atau tiga pulau terlampaui bu Kanjeng... Monggo singgah di pesisir pantai Namosain jika tindak Kupang

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

PERTEMUAN KE-2 KBMN PB. PGRI

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN