PERTEMUAN KE-5 KBMN PB. PGRI

 

BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Malam ini bu Sita nama lengkapnya Purbaniasita (Biasa di sapa Sita), membuka kelas dengan menyapa kita semua peserta KBMN Pertemuan ke-5 Angkatan 28 dengan menyampaikan salam:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera

Om Swastiastu

Nammo budhaya

Salam Kebajikan

Malam ini, kembali ibu Purbaniasita (Sita) akan menemani sahabat Nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya. Sebagai ucapan selamat datang pada bapak ibu semua, ibu Sita memberikan pantun kepada kami semuanya.

Pagi hari makan kelapa

Rasanya enak bikin tertawa

Kita disini telah berjumpa

Untuk acara yang istimewa

Sambil menunggu pemateri kita yang luar biasa, ibu Sita menambah lagi pantunnya:

Wanita jelita menjadi biduan

Bingung sejenak cari alamat

Selamat datang tuan dan puan

Semoga acara ini membawa manfaat

Pak Dail sebagai pemateri masuk kelas, dan menyapa Bu Sita yang asli AREMA (Arek Malang). “Sehat bu Sita?, bagaimana Malang apa di guyur hujan hari ini?”. Bu Sita menjawabnya: “Alhamdulillah insyaallah sehat semua ustadz”. Pak Dail menyampaikan bahwa, “Serang hujan tadi siang”. Ibu Sita mengabarkan kepada kita semuanya, bahwa “Hari ini di Malang terang benderang ustadz. Kemarin yang hujan agak deras. Alhamdulillah jadi adem”.

Bapak ibu yang luar biasa, materi kita malam ini adalah Blog sebagai media pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul adalah, Apa sih blog itu?

Kegunaannya untuk apa? Apakah bisa blog digunakan sebagai media pembelajaran?.

            Pak Dail Ma’ruf sebagai narasumber langsung menjawabnya, 3 Pertanyaan yang sangat mendasar, kita pembukaan dan doa dulu bu Sita. Bu Sita langsung merespon ajakan Pak Dail untuk kita berdoa bersama di tempat yang berbeda. “Bapak ibu, sebelum kuliah kita mulai, matilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Berdoa dipersilahkan. Selesai.

            Bu Sita menyampaikan aturan dalam Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN). Seperti biasa, kuliah malam ini dibagi menjadi 4 sesi:

1. Pembukaan

2. Pemaparan materi

3. Tanya Jawab

4. Penutup

Bagi yang ingin bertanya, silakan menggunakan format nama, asal sekolah, dan pertanyaan. Kirim ke 082131167*** (Sita ). Baiklah, untuk segera menjawab rasa penasaran Bapak/Ibu terhadap materi malam ini, waktu dan kolom chat saya serahkan sepenuhnya kepada Narasumber (Ustadz Dail Ma’ruf dari Serang Banten).

            Mari kita sambut Narasumber kita dengan tepuk tangan yang meriah. 👏👏👏👏👏 Silakan, bapak ustadz Damar (Sapaan singkat yang menggabungkan nama beliau) Damar artinya Dail Ma’ruf.

Sapaan Bu Sita dibalas oleh Pak Ustadz, “Terima kasih bu Sita Moderator kita malam ini yang masih belia dan masih semangat Milenial. Bu Sita alumni KBMN gelombang 26. Sementara Pak Ustad Damar alumni KBMN gelombang 20. Bu Sita meriwayatkan kariernya sebagai moderator dalam KBMN ini berawal dari gelombang 24, tetapi karena tertinggal jauh akhirnya ikut kembali gelombang 26 (baru lulus dan dapat ijasah), he he he ....

Inilah gambaran karier di KBMN, orang-orang hebat tak kenal putus asa. Maju terus pantang mundur. Seperti disampaikan Ustadz Damar, “Alhamdulillah, kita bersyukur pada Allah dan berterima kasih pada Om Jay dan semua narasumber KBMN yang berbaik hati ajak kita terlibat di Tim Solid Om Jay yang insya Allah luar biasa baiknya. Dan Semoga ilmu yang mereka berikan pada semua peserta KBMN dari gelombang 1-28 ini jadi gunung dan lautan pahala bagi mereka kelak”.

Dari pesisir pantai Namosain kota Kupang, saya amin-kan doa Ustadz Damar. Semoga Allah mengabulkannya, aamiin Allahuma’aamiin. Menurut Ustadz Damar, “Sesuai judul materi malam ini saya ditemani Bu Sita akan berbagi pengalaman tentang Blog sebagi media pembelajaran. Beliau membagikan power point dan akan kita bahas satu persatu di sini”. Silahkan bu Sita, slide 1 dan 2.

Slite 1
Slite 2

Baik bu Sita, cerita sedikit bahwa saya pada waktu gabung di KBMN 20 sekitar 1,5 tahun yang lalu belum punya blog, tetapi bermodal semangat ingin ikut KBMN selama 2,5 bulan atau 30 materi saya langsung japri Om Jay, pendiri KBMN, minta arahan bagaimana cara membuat blog. Nah bapak dan ibu yang nasibnya sama dengan saya, salaman dulu...

Kata Ustadz Damar, “Jangan minder apalagi putus asa, dengan tekad dan niat belajar, dibarengi ketahan bantingan, insya Allah akan berhasil. Maksudnya bapak dan ibu bisa punya buku sendiri. Sebab buku sebagai mahkota bagi penulisnya.

Ingat pepatah yang mengatakan MAN JADDA WAJADA, atau THERE ARE A WANT THERE ARE A WAY. Balik lagi ke materi bahwa Blog sama dengan medsos lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube. Semun itu bisa kita gunakan untuk hal positif dan yang bermanfaat, diantaranya bagi guru, bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif.

Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger. Website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarknnya pada komunitas global. Lanjut ke slide 3 dan 4 bu Sita.

Slite 3
Slite 4

Pada Slide 3 saya terperangah, kok bukan Om Jay, makanya pada tulisan biru, saya bilang kalau saya yang rangking maka nomor 1 Om Jay dan Pak Dedi Dwitagama. “Iya seharusnya pak Dedy dan Om Jay” Jawab bu Sita spontan.

Pada slite 4 saya  jadi faham bahwa jadi Bloger itu bisa kaya juga ya? lihat saja no 1 bloger terkenal di Indonesia penghasilannya 21 juta. Semoga salah satu dari 1.000 peserta kelak akan ada yang seperti Herman Yudiona dan Raditya Dika.

Slite 5

Ini bukan Iklan, hanya kompor saja, supaya peserta KBMN gelombang 28 yakin. Bahwa dengan kita menjadi Bloger maka impian kita untuk punya banyak buku bisa jadi nyata. Insya Allah tahun ini Bu Sita juga akan jadi Kurator Buku Antologi yang JUARANG ADA. Namanya:  Cintaku di Stasiun Kreata Api, saya juga dapat jodoh di Stasiun Pondok china depok, dapat anak UI (Universitas Indonesia). Kata bu Sita, “Luar biasa bukan narasumber kita yang satu ini”.

Pak Damar berkata, “Nah yang punya jodoh di KA (Kereta api) atau Stasiun bisa japri moderator”. Bu Sita merespon tawaran Pak Damar, “Siap menerima japri untuk bergabung antologi kisah di stasiun kereta api bapak ibu”.

Slite 6

Bapak ibu peserta KBMN 28, Blog sebagai Media sosial banyak jenisnya, dan yang bapak ibu serta saya punya itu Blog jenis apa ya?. Mari kita simak bersama. 1). Blog Pendidikan; 2) Sastra; dan 3) Pribadi. Kalau Blog Pak Damar, tampaknya Blog gado-gado karena tak mengkhususkan untuk kontens tertentu. Namun lebih banyak blog pribadi. Dalam arti suka-suka saya mau posting apa di blog saya.

Nah kalau ada yang keluar dari group ini, kita positif thinking saja, bahwa HP nya berat sekali ketika masuk ratusan chat, karena ada juga yang japri ke saya pamit demikian. Saya jawab tak perlu minta maaf ibu tak punya salah ke saya.

Slite 7

Pada pembahasan slite ke-7 ini mari kita simak bersama, tampilan 4) Blog bertopik. Misalnya khusus kuliner, atau Wisata; 5). Blog Kesehatan saja misal yang di buat ahli Medis, Hallo dok, dan lain-lain; 6) Blog politik, ini banyak jelang 2024 dan tujuannya ya mengiklankan dirinya atau jagoannya ke Publik supaya dapat dukungan atau suara.

Slite 8

Pada slite ke-8, ada tampilan: 7) Blog Perjalanan, misal pas kemaren bu Sita ke Jakarta bareng bu Widya ke Kopdar, maka buat blog perjalanan, nanti kalau ada Kopdar Jogja 2023, buat lagi,  jalan kemana saja di tayang di blognya masing-masing; 8) Blog Riset, biasanya dimiliki pihak kampus atau lembaga penelitian lainnya, saya pernah kerja di LP3ES Slipi. Seru riset dan bukunya keren-keren dan mantap. Majalah Prisma namanya; 9) Blog Hukum di buat para ahli hukum, Pengacara jaksa dan Hakim atau Polisi, ditujukan untuk sosialisasi aturan hukum atau advokasi.

Slite 9

Pada slite ke-9 ini perhatikan nomor 10) Blog Media artinya Blog berita. Memberitakan apa saja yang diliput wartawannya; 11) Blog Agama : berisi masalah agama dan solusi dari penulis atau tokoh agama, bsa juga buka rubrik tanya jawab; 12) Blog Bisnis, apapun bisnis kita maka diupoload di Blog detilnya, lalu link di kirim ke orang yang kita harapkan akan berminat. Bisa juga ke grup yang potensial banyak anggotanya. termasuk KBMN ini banyak diminati para pengiklan yang bisnis.

Slite 10

Minimal ada 5 manfaat dari Blog, yaitu 1) Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. Bapak dan ibu tinggal membaca satu persatu manfaatnya.

Slite 11
Slite 12
Slite 13

Bisa melihat blog rumah belajar bagi guru, media meringankan beban bagi guru,  bisa jadi media meningkatkan minat belajar murid, bisa berteman dengan semua manusia dimana saja, dan sebagai media silaturahmi seperti kompasiana. pembacanya ada di semua benua. 

Slite 14

Nah salah satu bukti adalah pak Sartono di Magelang yang meneliti di SMA Negeri 2 Magelang antara sebelum dan sesudah menggunakan Blog sebagai Media pembelajaran. Membuktikan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari 55 ke 87. Mantap tuh dari tadinya di bawah KKM bisa di atas KKM jika KKM-nya 80. Mari kita perhatikan slite ke-15 di bawah ini.

 

Slite 15

Guru besar kita Om Jay, malah dapat berkah kehidupan dari istiukomah menulis di berbagai Blog. Bahkan jadi doktor pun dengan judul: “Peran Blog kolaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar murid”. Selamat om Jay, makin krren, semoga bisa menjadi buku Best seller Disertasinya. Aamiin Allahuma’aamiin...

Dalam kesempatan ini saya juga berterima kasih kepada guru saya sewaktu materi yang sama: ibu Mayor Nani yang sangat menginspirasi. Bila bapak ibu ingin baca materi beliau ini tautannya: https://nani2teacher1navy.wordpress.com/2021/09/18/blog-sebagai-sarana-pembelajaran-2/

Tampilan blog di atas adalah tautan bu Mayor Nani. Cara membukanya di copy link, lalu paste di pencarian google. Maka akan terbuka, dan silahkan belajar dari tautan beliau yang sangat memberi inspirasi bagi kita semua.

Slite 16
Slite 17

Terima kasih bu Mayor Nani, dalam kesempatan materi Bu mayor saya bahagia banget dapat hadiah buku beliau. Buku beliau juga keren, karena kisah nyata Bu mayor dari sejak sekolah masa kecil hingga berhasil jadi Mayor dan sukses insya Allah.

 

SESI TANYA JAWAB

 

Pertanyaan 1:

Dari Lesterina Purba, Bekasi. Menulis di blog apakah harus banyak jumlah katanya? Apakah harus menulis setiap hari baru bisa menghasilkan uang? Sekian dari saya terima kasih

Jawab:

Mantap bu Lesterina di Bekasi, terima kasih pertanyaannya. Menulis di Blog tak ada batasan kata. bebas saja. Satu kalimatpun boleh. Misal  judulnya: “Bahaga, isinya: Hari ini aku bahagia dapat arisan RT”. boleh. Kalau mau mahir nulis dan banyak keajaiban yang harus berusaha jalankan mantra sakti om Jay. Tetapi kalau lagi sakit atau sangat sibuk, ya libur juga tak masalah.

Hasilkan uang? bisa itu Om Jay tiap bulan dari kompasiana dapat minmal 600 kadang 1 juta rupiah. Bahkan teman saya perbulan dapat 3-6 juta tapi bukan Kompasiana. Semangat bu Lestari dari Bekasi.

 

Pertanyaan 2:

Sugiharto, MAN 1 Brebes. Assalamualaikum wr. wb. Izin bertanya: saya sudah meliliki blog, tapi masih bingung, bagaimana cara menulis di blog agar menarik dan disukai peserta didik?.

Jawab:

Keren Pak Sugiaharto di MAN 1 Brebes, saya alumni MAN 2. tapi dari Serang. Kalau mau Blognya diminati anak murid maka buat konten yang mereka butuhkan. Misalnya jelang materi yang akan bapak sampaikan pekan depan, maka buat judul : Kiat dapat nilai 100 materi Bab 2 pelajaran .... Nah bapak bisa sisipkan materi tertulis, You Tube Bikinan bapak atau bikinan orang, dan Soal serta jawabannya. Bilang di pesan akhir: “Murid yang buka baca dan komentar akan dapat tambahan nilai. Intinya kalau itu menarik dan manfaat akan dikunjungi. Saya buat tutorial bikin stop kontak, murid saya 120. Ketika saya dibuka 500 kali. karena 1 kali belum berhasil bikin karya, mereka buka lagi, lagi, dan lagi, sampai mereka dapat membuatnya.

 

Pertanyaan 3:

Sri Mulyati, dari Cirebon. Kalau blog sama dengan medsos lain, apa blog bisa di lihat semua orang di kontak kita? Apa mereka yang tidak punya blog bisa berkunjung dan berkomentar?.

Jawab:

Cakep bu Sri di Cirebon, terima kasih pertanyaannya. Blog tak seperti WA dan FB atau IG, mungkin ke depan bisa saja. Jadi belum bisa lihat siapa saja kontak atau teman blog kita. Kalau masalah bisa berkunjung membaca saja semuanya bisa, tetapi kalau belum punya blog kadang tidak bisa komentar, atau kadang bisa kalau kita punya email, tapi tanpa nama.

 

Pertanyaan 4:

Wahyu, Semarang – Jawa Tengah. Selamat malam, perkenalkan saya Wahyu dari Semarang. Saya mau bertanya:

1.      Apakah 1 orang bisa membuat blog lebih dari satu?

2.      Bagaimana cara mengenalkan blogg agar dapat dikunjungi pembaca tanpa promosi?  Terima kasih.

Jawab:

Terima kasih bu Wahyu dari Semarang. Bisa kita punya banyak Blog, modalnya bikin alamat email. Saya ada 3 blog. Ada yang pribadi dailmaruf, ada dailyasalam, dan ada blog kompasiana. Tahun ini mau nambah 3 lagi. Wah itu mah kudu Blog berbayar karena akan terkoneksi dengan beragam akun bisnis yang topiknya sama. Tetapi tahap awal kita blog gratis dan harus rajin kirim link tulisan baik japri maupun WhatsApp Group.

 

Pertanyaan 5:

Yuni A, asal Kementeriana Agama kabupaten Bekasi. Pertanyaannya baiknya kita fokus pada satu genre blog sesuai passion atau kita coba berbagai genre blog, tips agar tulisan di blog banyak peminat dan bisa seperti para blogger terkenal?

Jawab:

Kalau mau Fokus ke satu Topik lebih bagus, nanti tiap orang cari topik yang ibu dalami akan masuk. Nah lebih ok yang sesuai passion kita, akan ringan dan membahagiakan. Kalau saya amati, ada 3 cara. pertama rajin berkunjung dan komen ke blog orang, kedua rajin kirim link tulisan, dan 3 jangan baper kalau yang membaca dan komen sedikit jumlahnya. Harus tetap luruskan niat, bahwa posting untuk berbagi ilmu dan kemanfaatan banyak pahalanya bu Yuni.

 

Pertanyaan 6:

Milna, Seluma. Bagaimana menjadikan blog bisa menghasilkan uang? Bisakah blog gratisan menghasilkan uang. Bagi tipsnya Om Damar. Terima kasih

Jawab:

Ha ha ha ... iya Mbal Milna, kalau Blog Gratisan bisa juga hasilkan uang, karena blog kan Medsos juga. Bedanya ia permanen data postingan kita aman tersimpan di awan. Maka buatlah dengan sehebat dan semenarik mungkin. Upayakan teman suruh testimoni tentang yang kita promosikan. 3-5 orang menyatakan bahwa bagus, rekomended dll.... biasanya pembaca akan terpengaruh dan pesan. Blog Edge yang akan masuk iklan, saya juga bwlum berhasil karena viewernya harus minimal 10.000/bulan. Kepoin Bloger yang sudah hasilkan banyak uang, cari tutorial  tips hasilkan uang dari blog.

 

Pertanyaan 7:

Nurmiati, Asal Sekolah: SMP Negeri 2 Kaloran, Temanggung Jawa Tengah.

1. Seberapa penting kita menggunakan blog berbayar?

2. Kapan kita memilih untuk mempunyai blog berbayar?

3. Monetisasi blog dihitung dari aspek apa saja?

Terima kasih atas jawabannya

Jawab:

1.   Jika ibu mau yakinkan akan jadi Bloger profesional seperti Om Jay dan pak Dedi Dwitagama gurunya Om Jay. Maka sebelum tentukan pilih blog berbayar coba konsul ke Om Jay dan pak Dedi, om Brian.

2.   Kapan saja ibu mau, makin cepat makin bagus, karena kalau kita membayar akan rajin nulis isi blog, sayang kalau tak menulis

3.    Dari viewer yang berkunjung ke Blog kita tiap bulannya.















 








 


 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK