FEBRUARI CERIA HARI KE-23

 

CHIEF EXECUTIVE OFFICER

Mendapatkan amanah untuk mengisi kegiatan Narsis SatuGuru.id pada hari Sabtu, 25 Februari 2023. Dengan tema “Kepala Sekolah adalah Seorang CEO”, sejak sebulan yang lalu membuat saya harus belajar banyak dari berbagai sumber.

Belajar untuk saat ini saya lakukan dengan berselancar di Google. Dari berbagai pengertian CEO, saya tertarik dengan pengertian alamat ini: https://www.jojonomic.com/blog/ceo-adalah/ saya dapatkan pengertian CEO. Meliputi “Apa itu CEO?”

CEO singkatan dari Chief Executive Officer, yaitu nama jabatan yang biasanya diberikan pada mereka yang menjadi Direktur Utama sebuah perusahaan. Bisa dibilang, CEO adalah posisi tertinggi di perusahaan. CEO adalah pejabat eksekutif perusahaan yang ditunjuk/diangkat oleh Direktur Utama atau Dewan Direksi.

Meskipun begitu, pada beberapa perusahaan ada juga yang membedakan antara CEO dengan Direktur Utama. Jadi, pada perusahaan-perusahaan tersebut, CEO bertindak sebagai pemimpin perusahaan yang membuat visi ke mana arah perusahaan akan berjalan, sedangkan direktur adalah orang yang mengelola atau menjalankan perusahaan tersebut sesuai visi yang dibuat oleh CEO.

Apa saja tugas dan Tanggung jawab CEO?. Seorang CEO memiliki tugas-tugas yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, yaitu:

1.    Melakukan perencanaan. CEO harus bisa merencanakan masa depan perusahaan dan ke mana arah perusahaan akan berjalan. Ini penting agar perusahaan memiliki target yang jelas untuk dicapai.

2.    Menyusun strategi, adalah tugas & tanggung jawab CEO untuk meraih visi yang direncanakan.

3.    Melakukan pengelolaan SDM yang bekerja dalam perusahaan.

4.    Melakukan analisis terhadap fungsi kerja dan masalah yang ada di dalam perusahaan.  

5.    Merencanakan budgeting

6.    Melakukan pengawasan agar kinerja perusahaan tetap berada di jalurnya.

Dari ilmu yang sedikit ini saya mulai merancang konsep ilmu tersebut masuk ke dalam tugas kepala sekolah sebagai seorang CEO. Pada prinsipnya seorang kepala sekolah adalah pimpinan dalam sebuah lembaga pendidikan. Dari sini sudah jelas ada perbedaan dengan CEO pada perusahaan.

Sebagai seorang CEO pada dunia pendidikan dalam memimpin kita mengutamakan gotong royong dalam menyelesaiakan pekerjaan bersama. Menjadi teladan baik bagi sekelilingnya. Memberikan dorongan atau menjadi motivator kepada tim solid (Guru) dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tugas kepala sekolah sebagai seorang CEO adalah Menyiapkan pemimpin baru sebagai pengganti kita (Regenerasi pimpinan) kepada guru juga peserta didik. Mendorong guru dan peserta didik untuk menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab.

Mampu menciptakan situasi dan kondisi di sekolah yang kondusif dan menyenangkan serta nyaman bagi guru dan peserta didik. Memiliki inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada, baik guru dan peserta didiknya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK