FEBRUARI HARI KE-15

 

KEAJAIBAN BERBUAT BAIK

Buku Karya murid SMP Negeri 3 Kupang Barat

 

Berbuat baik sejatinya untuk diri kita sendiri. Jangan pernah berpikir bahwa kita berbuat baik itu untuk orang lain. Jika kita berpikir seperti itu, betapa dangkalnya cara berpikir kita. Memang benar tampak mata kita berbuat baik itu menolong orang atau berbuat baik kepada orang lain.

Tetapi sejujurnya, kita telah berbuat baik untuk diri kita sendiri. Banyak kisah dalam hidup saya, ketika saya berbuat baik untuk orang lain, selalu berdampak pada diri saya sendiri. Misalnya ketika saya meminta peserta didik SMP Negeri 3 Kupang Barat untuk menulis buku. Sebagai kepala sekolah saya menggerakkan semua yang ada di sekolah.

Bapak dan ibu guru, murid dari kelas tujuh sampai sembilan. Orang tua atau walimurid semua bergerak untuk meewujudkan buku Antologi Puisi. Hingga buku sudah jadi pun kami masih bergotong royong untuk acara peluncuran buku.

Alhamdulillah, buku berhasil di luncurkan oleh komite sekolah dan diliput oleh TVRI NTT. Peluncuran buku pada tanggal 25 Januari 2023, sorenya keberhasilan sekolah kami ditayangkan di TVRI NTT. Rasa bahagia, bangga telah membawa anak-anak menjadi penulis buku.

Link TVRI tanggal 25 Januari 2023 (Kegiatan Peluncuran Buku): 

https://drive.google.com/file/d/1uQwkmI_RWpbeeas9XP-ep9nxMIekCo5d/view?fbclid=IwAR38Yh-E47tez7gr-zFv8skGg6uCxsLz8PIsRa75F8CrmJJwQoXwtw-QvKQ

Berita tentang peluncuran buku murid SMP Negeri 3 Kupang Barat

Link TVRI tanggal 28 Januari 2023 (Kegiatan Aksi Peserta Didik Membaca Puisi):

https://www.youtube.com/live/-PhOrnDqA0Y?feature=share 

Berita aksi literasi murid SMP Negeri 3 Kupang Barat

Silahkan klik dan arahkan kursor alamat YouTube di atas, pada menit ke 2.56.53, Berita aksi literasi murid SMP Negeri 3 Kupang Barat. Anak Lily Marlin Nenobesi, membacakan karya puisi dalam buku Antologi Puisi karya Murid SMP Negeri 3 Kupang Barat dengan cover: "Sekolahku SMP NEGERI 3 KUPANG BARAT (Implementasi Kurikulum Merdeka)"

Ketika kebaikan dan motivasi untuk orang lain tumbuh dalam jiwa ikhlas dan tulus, maka Allah memberikan kita ucapan tulus dari banyak orang kepada diri kita. Padahal jika dipikirkan, itu bukan saya yang berbuat. Tetapi dengan hadirnya anak-anak di TVRI NTT begitu banyak ucapan baik dan terima kasih ditujukan kepada saya.

Tugas kepala sekolah, menggerakkan orang-orang baik di sekelilingnya untuk berbuta baik. Allah SWT menggerakkan orang-orang baik di sekeliling saya untuk mendukung perbuatan baik saya kepada generasi emas Nusa Tenggara Timur.

Begitupun berbuat baik dengan sedekah, ada banyak manfaat kita bersedekah. Imam Ibnul Qoyyim -rahimahullah- menguraikan manfaat sedekah adalah:

Melindungi orang saat terdzolimi,

Menghapuskan kesalahan,

Menjaga harta,

Mendatangkan rizki,

Membahagiakan hati,

Menguatkan keyakinan kepada Allah,

Menambah husnudzhon kepada Allah, sedangkan sifat     

     kikir itu su'udzhon kepada-Nya,

Menghinakan syetan,

Mensucikan jiwa,

Memperbaiki jiwa,

Menjadikan cinta kepada Allah,

Menjadikan cinta kepada sesama manusia,

Menutupi segala aibnya, sedangkan sifat kikir itu 

menutupi segala kebaikannya,

Memanjangkan umur,

Mengundang banyak doa manusia,

Melindunginya dari siksa kubur,

Menjadi naungan kelak di hari kiamat,

Memberi syafa'at di sisi Allah,

Meringankan musibah-musibah dunia dan akhirat,

➁➀ Mendorongnya berbuat amal-amal baik lainnya,

        Maka tidak perlu kita merasa susah oleh sedekah karena manfaatnya begitu banyak dan melimpah. Dan bersedekah itu tidak harus berupa uang, tenaga dan pikiran kita itu juga sedekah. Sedekah paling sederhana adalah dengan tersenyum kepada siapapun yang kita kenal baik. Semoga Bermanfaat!.


Referensi:

Kitab 'Uddatus Shobirin wa Dzakhirotus Syakirin, halaman 490, karya Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah.

 

 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK