FEBRUARI HARI KE-9

 

KETIKA MALAS MENULIS

Foto Lily Marlin Nenobesi kecil ketika di Malaysia

 

                Hari ini saya merasa malas untuk menulis, jika aktivitas menulis saya turun. Biasa saya membaca buku, atau membaca tulisan sahabat literasi dalam blog. Hal ini saya lakukan agar tumbuh motivasi diri untuk mulai menulis lagi.

            Apabila masih saja malas untuk menulis, saya mulai ambil laptop dan menulis apa saja yang bisa memberikan inspirasi kepada semua orang. “Ayo menulis dan jangan malas menulis”. Ha ha ha . . . bagaimana mau memberikan motivasi menulis kepada orang lain jika diri kita sendiri malas untuk menulis.

            Setiap hari saya harus menulis dengan tema pendidikan. Tantangan setiap hari menulis ini yang memacu saya untuk selalu memiliki ide dalam dunia pendidikan. Agar saya dapat memenuhi target dalam sebulan ini mengumpulan 30 tulisan.

Tiba-tiba saya merasa ada virus dalam diri saya untuk malas menulis. Bersyukur saya memiliki komunitas menulis di sekolah bersama peserta didik SMP Negeri 3 Kupang Barat. Saya memberikan motivasi untuk anak-anak senang dan cinta pada dunia menulis.

Langkah awal, saya minta anak-anak membuat tulisan berupa puisi. Alhamdulillah, tulisan tersebut kini telah menjadi buku dan sudah kami lounching pada tanggal 25 Januari 2023. Anak-anak senang luar biasa, saya pun bahagia telah melahirkan penulis cilik dari dusun 3 Oeli’i desa Oematnunu kecamatan Kupang Barat, kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur.

Salah satu dari peserta didik kami bernama Lily Marlin Nenobesi. Baru kelas VII, Lily terlahir di Negara Malaysia. Tulisannya sangat sederhana dan membuat saya tertegun. Lily menuliskan kisah tentang ibunya yang stroke dan ayah masih bekerja di Malaysia. Kisah ini ditulis Lily dengan apa adanya, bahasa anak-anak. Saya terus membacanya hingga akhir.

Dikisahkan bahwa, ibu Lily store, ayahnya pulang dari Malaysia. Ibu Lily hamil dalam keadaan stroke selama 9 bulan lebih dan berhasil melahirkan anak lelaki yang sehat. Allahu Akbar!, saya membacanya takjub luar biasa. Tulisan anak desa yang sederhana membuat saya tertegun dan tak henti menyebut kebesaran Allah.

Kisah Lily yang lain, bisa kita lihat bersama dalam tayangan YouTube TVRI Nusa Tenggara Timur, di bawah ini. Silahkan klik dan arahkan tanda waktu di YouTube tepat pada 2:56:53 s.d 3:00:20. https://web.facebook.com/lilis.sutikno.779/posts/pfbid02vhskDEGy9dzGqVyDBcsvvtfooniKSwGSQB5iUMfR3B9q3N45ddzEoyngofeefJn3l

Gadis kecil ini telah membuat rasa malas saya menulis hilang, dan berganti dengan semanagat juang untuk meraih sukses dalam program Februari Ceria 2023. Semoga bermanfaat!.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK