FEBRUARI CERIA HARI KE-28

 

KEGAGALAN KUNCI KESUKSESAN


“Kegagalan adalah sukses yang tertunda”. Di akhir bulan Februari 2023 saya telah gagal menulis untuk diterbitkan di perusahaan penerbitan mayor bersama Prof. Eko Indrajit di PT. Andi D.I. Yogyakarta. Kegagalan tersebut karena saya belum bisa fokus menulis hal-hal yang ilmiah.

Kelemahan saya ada pada menulis karya tulis ilmiah, butuh waktu lama dan harus fokus. Sebab menulis ilmiah itu berkaitan dengan data-data juga referensi ilmu yang kita gali. Nah waktu untuk membaca karya ilmiah bagi saya belum ada.

Salah satu sebabnya adalah tanggung jawab dan kesibukan saya sebagai kepala sekolah baru di SMP Negeri 3 Kupang Barat yang sedang menyiapkan RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah), untuk dimasukkan dalam ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah).

Saya banyak fokus pada kegiatan di atas, dengan belajar dan mencari tahu melalui internet. Saya belajar dari laman Kemendikbudristekdikti (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi), khusus ARKAS di sini: https://arkas.kemdikbud.go.id/faq

Pertama saya buka alamat di atas, ada pertanyaan “Apa itu ARKAS?” ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) adalah sistem yang disediakan oleh Kemdikbudristek berbentuk aplikasi yang dapat diinstal di perangkat komputer milik satuan pendidikan. ARKAS dikembangkan untuk membantu satuan pendidikan dalam melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Alhamdulillah... semua berjalan dengan baik, ketika saya tak paham, saya terus mencari tahu, dengan membaca dan terus membaca yang berkaitan dengan ARKAS. Saya lebih senang membaca, dari pada bertanya kepada orang. Jika saya harus bertanya. Maka saya bertanya kepada orang yang tepat.

Inilah salah satu sifat saya yang mungkin banyak sahabat mengatakan bahwa saya adalah orang yang sombong. Sebab jarang berkomunikasi dengan sesama, baik lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar. Keseriusan saya dalam bekerja membuat saya melupakan hubungan sosial untuk bersosialisasi dengan sesama.

Hal inilah yang saya rasakan sejak menjadi kepala sekolah, dengan SK. TMT (Surat Keputusan Terhitung Mulai Tanggal) 2 Juni 2022 dari Bupati Kupang Bapak Korinus Masneno. Banyak hal yang belum saya ketahui, dan harus saya pelajari dari berbagai sumber. 

“Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh masih di atas bintang-bintang”. Ungkapan Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno ini, memotivasi saya untuk terus bermimpi menjadi penulis yang baik. Berbagai pelatihan menulis saya ikuti, hingga tawaran-tawaran menulis buku mayorpun saya ikut.

Ketika tawaran menulis buku mayor bersama Prof. Eko Indrajit dari KBMN angkatan ke-28. Saya ikut dengan semangat juang empat lima. Semangat itu saya posting pada akun facebook dengan rasa bangga dan pasti bisa!. Ha ha ha.... Semangat... semangat... dan semangat.

Untuk mengenang semangat menulis buku mayor bersama Prof. Eko di facebook, saya pindahkan ke sini. Tulisan ini termuat di facebook pada tanggal 23 Januari 2023 https://web.facebook.com/lilis.sutikno.779/posts/pfbid0d1XxsmvcJvKeAYVnZ7TdDEfBjSmLdN7SG2EvqD6EHEbRfMyw3WZp6vvaNrR81cPZl

Alhamdulillah... Untuk    Semua berproses dengan baik dan berhasil dengan Indah. Bersyukur kepada Allah atas nikmat ini, karunia yang tak terhingga atas sedikit ilmu yang akan saya tuliskan dengan Cover Buku terinspirasi tantangan dengan tema dari Maha Guru saya tahun 2015 di acara Sekolah Abad 21 Jalan Geger Kalong Bandung (Dalam Acara Pemenang Lomba My Teacher My Hero Award Indonesia Digital Learning). Bapak Prof. Richardus Eko Indrajid, M.Sc. Ketika itu saya menjadi juara kategori ke-2 dengan hadiah Laptop Lenovo dan sejumlah uang.

 

Kenangan itu begitu indah, dan akan berproses indah dalam tema buku karya saya bersama beliau: "CLASSROOM PHYSICAL ARRANGEMENTS"

 

Saatnya gass poll, gas gerreee kata My Husband. Peras otak, berpikit kritis, dan cerdas, secerdas Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A.

 

Berkahilah langkah awal hamba menuju buku ber-ISBN yang akan bersaing di Rak Toko Buku Gramedia se-Indonesia, Aamiin... Allahuma'aamiin.....

 

Bismillahirrahmannirrahiim...

 

Catatan Khusus:

Tulisan ini bagian dari tantangan menulis setiap hari dari Om Jay (Dr. Wijaya Kusumah) Pengurus Besar PGRI pada bulan Februarai 2023. Karena tidak ada sinyal internet di sekolah maka terhambat, di rumah ada sinyal tetapi sampai rumah tenaga sudah buat kebutuhan lain sebagai istri, ibu rumah tangga, cucu dari putra-putri anak saya. He he he... dan baru kali ini ada waktu untuk upload kisah di bulan Februari tahun 2023. Semoga masih bisa mendapatkan sertifikatnya, meskipun terlambat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK