FEBRUARI CERIA KE-25

 

NARASUMBER NARASI INSPIRASI


Foto Zoom bersama Narasumber dan Moderator NARSIS SatuGuru.id

 

            Alhamdulillah bisa berbagi ilmu kepada teman-teman se-Indonesia melalui SatuGuru.id pada hari Sabtu, 25 Februari 2023. Dengan topik Kepala Sekolah adalah Seorang CEO. Kegiatan ini dipandu oleh Pak Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr dan Yudhki Kurnia. S.T, Gr. Tepat pukul 16 : 00 – 18 : 00 WIB.

            Banyak ilmu yang saya dapatkan dalam kegiatan ini. Sebanyak 5 narasumber dari seluruh Indonesia tampil dengan baik dan saling memberi inspirasi diantaranya adalah:

1.      Muhammad, S.P., M.P (Kepala SMK Kutacane Aceh Provinsi Aceh)

2.      Detty Nurwenda, S.Pd (Kepala SMP Taruna Bakti Bandung Jawa Barat)

3.      Nuratikoh, M.Pd (Kepala SMP Negeri 2 Talisayan, Kalimantan Timur)

4.      Muhammad Nurdin, S.Pd (Kepala SD Negeri 26 Jollo Bungoro, Provinsi Sulawesi Selatan)

5.      Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, S.H (Kepala SMP Negeri 3 Kupang Barat)

Bahagia dan bangga menjadi salah satu narasumber pada acara NARSIS SatuGuru.id. Secara lengkap bisa dilihat pada siaran YouTube SatuGuru.id di bawah ini: https://www.youtube.com/live/jy4Qag8LQvQ?feature=share Tentang saya pada video ini terdapat pada menit ke:

1.      Pembukaan: 55.43 – 01.01.50

2.      Materi: 01.51.30 – 02.04.04

3.      Penutupan: 2.14.19 – 2.17.00

Pada kegiatan ini, saya banyak belajar dari empat narasumber yang hebat-hebat. Salah satunya Pak Muhammad, S.P., M.P (Kepala SMK Kutacane Aceh Provinsi Aceh). Menurut beliau kepala sekolah sebagai seorang CEO harus PAKSA GILA, yang artinya:

P  ray artinya berdoa (sebagai kepala kita jangan lupa   

    selalu berdoa).

A  atitute artinya seorang kepala sekolah harus memiliki  

     kemampuan yang membentuk pola tingkah laku, sifat

    dan sikap seseorang dalam melakukan interaksi dan 

    berkomunikasi dengan orang lain secara baik.

K nowlege artinya seorang kepala sekolah harus memiliki

    ilmu pengetahuan yang baik dan cerdas dalam  

    bertindak

S kill artinya ketrampilan, seorang kepala sekolah harus 

   memiliki ketrampilan dalam mengelolah sekolah 

   dengan baik

A ction artinya sebagai kepala sekolah harus action  tampil prima dalam segala keadaan. Jika memiliki ide dan gagasan haru segera di wujud nyatakan di sekolah.

G ali, sebagai kepala sekolah haru pandai menggali potensi diri, potensi guru, dan potensi peserta didik dengan baik. Agar muncul ide-ide kreatif aset sekolah. (Aset sekolah = Guru, dan peserta didik).

I de, maksudnya adalah kepala sekolah harus memiliki ide kreatif untuk memajukan sekolah, membuat sekolahnya

L angsung

A ction

            Kata Bapak Muhammad, S.P., M.P kepala SMK Kutacene Aceh Provinsi Aceh, “Menjadi kepala sekolah jangan memiliki ketergantungan pada dana BOS. Uang bukan segala-galanya, asal kita berani berinovasi pasti ada jalan. Jadikan peserta didik kita menjadi JUS yakni Jurangan Usia Sekolah, sebab semua anak/siswa itu memiliki potensi”.      

Alhamdulillah... saya telah melakukan nasehat Bapak Muhammad, S.P., M.P kepala SMK Kutacene Aceh Provinsi Aceh di atas. Dengan mengajak murid saya di SMP Negeri 3 Kupang Barat kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur untuk menulis buku. Maka anak-anak telah menjadi juragan usia sekolah (JUS) dengan menulis dan menjual bukunya untuk produksi buku berikutnya. Semoga memberi inspirasi untuk pembaca buku ini.


Catatan Khusus:

Tulisan ini bagian dari tantangan menulis setiap hari dari Om Jay (Dr. Wijaya Kusumah) Pengurus Besar PGRI pada bulan Februarai 2023. Karena tidak ada sinyal internet di sekolah maka terhambat, di rumah ada sinyal tetapi sampai rumah tenaga sudah buat kebutuhan lain sebagai istri, ibu rumah tangga, cucu dari putra-putri anak saya. He he he... dan baru kali ini ada waktu untuk upload kisah di bulan Februari tahun 2023. Semoga masih bisa mendapatkan sertifikatnya, meskipun terlambat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUAMI DAN KERIDHOANNYA (K.H. Maimun Zubair)

KATA SAMBUTAN ANTOLOGI CERPEN

PROFIL IBU GURU CANTIK